Rabu, 26 Mar 2014 18:45 WIB

Serba-serbi Bentuk Kelamin

Penis Mungil Belum Tentu Kecil Saat Ereksi

Adisti Lenggogeni, Muamaroh Husnantiya - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Ukuran penis masih menjadi patokan wanita dalam menilai vitalitas seorang pria. Ukuran yang lebih kecil dianggap kurang menjamin kepuasan. Padahal, penis yang berukuran kecil ketika normal belum tentu kecil saat ereksi.

Penis yang berukuran kecil ketika rileks bisa membesar ketika ereksi. Pertambahan panjang maupun volume penis ketika 'tegang' hingga dua kali lipat atau lebih. Demikian menurut paparan spesialis andrologi di RSUP Fatmawati, Nugroho Setiawan, ketika diwawancarai detikHealth.

“Penis yang saat tidak ereksi berukuran kecil, saat ereksi akan berlipat menjadi dua kali atau lebih,” ujar dr Nugroho seperti ditulis pada Rabu (26/3/2014).

Mengapa ukuran penis dapat membesar hingga lebih dari dua kali lipat ketika sedang ereksi? Menurut Indra G Mansur, dokter di klinik imunologi dan kesehatan reproduksi Rumah Sakit Ibu Anak Sayyidah, penyebabnya adalah karena rongga yang ada di dalam perut. Ketika ereksi, rongga tersebut akan membesar dan mempengaruhi penis sehingga penis terlihat lebih besar.

“Umumnya penis yang ereksi terlihat lebih besar. Hal ini sebabkan oleh rongga di dalam perut yang juga membesar,” tuturnya.

Menurut data statistik, ketika ereksi, ukuran penis normal orang Indonesia adalah 13 hingga 15 sentimeter. Ukuran tersebut berbeda-beda pada setiap pria tergantung pada faktor tumbuh kembang dan faktor kesehatan. Orang yang bertubuh gemuk cenderung memiliki penis yang terlihat lebih kecil karena organ tersebut tertutupi oleh lemak.

Sedangkan dalam kondisi tidak tegang, ukuran penis normal orang Indonesia adalah tujuh hingga sembilan centimeter. Besar kecilnya ukuran penis saat rileks dipengaruhi oleh kondisi jaringan ikat. Jaringan ikat yang tebal akan membuat penis terlihat lebih besar.

(vit/vit)