Rabu, 28 Mei 2014 19:00 WIB

Ulasan Khas Usus Buntu

Hati-hati! Tak Segera Dioperasi Usus Buntu Bisa Sebabkan Kematian

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Topik Hangat Ulasan Khas Usus Buntu
Jakarta - Ketika seseorang didiagnosa usus buntu, maka operasi pun menjadi solusi mengatasinya. Hanya saja, beberapa pasien kerap menunda operasi karena alasan tertentu. Padahal, patut diperhatikan jika tak segera ditangani, usus buntu bisa menyebabkan kematian.

Seperti penuturan dr Andra Azwar SpPD dari RS Royal Taruma Jakarta, bahwa usus buntu bisa mematikan jika infeksinya sudah berat sekali dan ditandai dengan leukosit yang meningkat karena diduga infeksi sudah menyebar ke seluruh tubuh.

"Kemudian bisa juga jadi mematikan kalau sudah terjadi perforasi (perpecahan atau bocor) yang berarti infeksinya sudah menyebar ke seluruh tubuh juga," kata dr Andra saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (28/5/2014).

Oleh karena itu, dikatakan dr Andra biasanya radang usus buntu yang sudah akut disarankan untuk operasi jika menunjukkan tanda-tanda seperti nyeri di perut kanan bawah, demam dan kesulitan dalam melakukan aktivitas.

Nantinya dokter akan melakukan anamnesis, berlanjut pada USG, cek darah dan radiologi. Dari hasil pemeriksaan tersebut bisa dilihat apakah ususnya meradang, merah atau mekar.

Hal serupa juga diutarakan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM. Ia mengatakan jika sampai terjadi infeksi akut dan terjadi perpecahan atau bocor (perforasi), kondisi ini bisa berlanjut pada perdarahan hebat.

"Ini yang berbahaya. Ini juga merupakan salah satu efek jika seseorang menunda operasi usus buntu, padahal nyerinya sudah akut dan sudah terjadi peradangan," terang dr Ari.

Nah, radang yang tidak dioperasi bisa membuat perdarahan abdomen dan bisa mematikan. Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk mengatasi usus buntu yakni harus segera dioperasi untuk mengangkat usus buntu tersebut.

Hati-hati! Tak Segera Dioperasi Usus Buntu Bisa Sebabkan Kematian
(rdn/up)
Topik Hangat Ulasan Khas Usus Buntu