Rabu, 17 Sep 2014 16:00 WIB

Ulasan Khas Ereksi Abnormal

Hati-hati, Terlalu 'Tertekan' Saat Bercinta Bisa Bikin Mr P Bengkok

M Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sebagai salah satu organ yang dianggap penting oleh pria, kesehatan penis tentu harus dijaga, termasuk saat bercinta. Perhatikan posisi-posisi saat bercinta, jika terlalu ekstrem bisa-bisa penis jadi 'bengkok' lho.

Penis tampak bengkok dan nyeri saat ereksi merupakan salah satu gejala penyakit peyronie. Peyronie merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada kelamin pria, biasanya muncul pada permukaan penis, baik atas maupun bawah, berupa benjolan kulit yang mengeras berupa plak. Nah, kulit yang mengeras ini menyebabkan pada saat penis ereksi menjadi tidak bisa lurus alias melengkung.

Dikutip dari Urology Health, Rabu (17/9/2014), meskipun belum bisa dipastikan secara betul apa faktor penyebab peyronie, sebagian besar ahli meyakini kondisi ini muncul akibat adanya trauma pada penis. Trauma ini salah satunya bisa muncul karena adanya aktivitas tak biasa kala bercinta, misalnya karena pembengkokan atau adanya tekanan berlebihan saat penetrasi.

"Kalau peyronie penyebab utamanya trauma. Mungkin bisa kalau bercinta tidak terkontrol, jadi penis mengalami trauma karena gerakan pada saat hubungan intim membuat penis tertekan. Intinya peyronie penyebabnya itu ya trauma," ujar seksolog dari Universitas Udayana, Prof DR. dr. Wimpie Pangkahila SpAnd, FAACS, kepada detikHealth.

Tak cuma trauma akibat bercinta, sebagian besar ahli juga menyebutkan bahwa trauma atau benturan saat olahraga atau kecelakaan juga bisa menjadi penyebab munculnya peyronie.

Namun perlu digarisbawahi bahwa tidak semua pria yang mengalami trauma pada penisnya kemudian lantas akan terkena peyronie. Untuk hal ini, disebutkan juga bahwa genetik atau faktor pendukung lainnya turut berperan.

Pria dengan riwayat keluarga dengan peyronie atau memiliki faktor pendukung lain yang bisa menimbulkan risiko peyronie juga perlu diwaspadai. Di antaranya diabetes, kebiasaan merokok, atau riwayat trauma pada bagian panggul.

Lantas apakah masturbasi juga bisa membuat seorang pria terkena peyronie?

"Penyebab lain sih kalau masturbasi biasanya jadinya luka ya, bukan jadi peyronie. Tapi kalau bercinta ya bisa jadi, mungkin kalau pasangannya terlalu ekstrem atau digigit sama pasangannya," imbuh dokter spesialis andrologi RSUP Fatmawati, dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, saat dihubungi secara terpisah oleh detikHealth.

(ajg/vta)