Rabu, 08 Okt 2014 13:33 WIB

Serba-serbi si Karet KB

Kebiasaan Begini Bikin Kondom Cepat Rusak Meski Belum Kedaluwarsa

Ghea Rianti Purnamasari - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Jika sudah rusak, maka kondom tak bisa berfungsi dengan efektif. Selain sudah melewati tanggal kedaluwarsa, ada beberapa hal yang bisa merusak kondom. Apa saja?

"Sekalipun belum kedaluwarsa tapi jika kualitas bahannya jelek maka saat dibuka atau tergores kuku sedikit kondom bisa langsung sobek," kata seksolog dr Andri Wanananda MS saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (8/10/2014).

Maka dari itulah diungkapkan dr Andri ada yang disebut dengan quality control dari pabrik pembuat kondom untuk mengukur kualitas bahan yang digunakan untuk kondom.

Untuk mencegah agar kondom tak cepat rusak, dr Andri menegaskan tentunya kondom harus disimpan dengan benar dan jangan asal ditaruh begitu saja. Suhu penyimpanannya pun harus tepat.

Terkait berapa suhu yang dianjurkan untuk menyimpan kondom, mudah saja sebab biasanya akan tertera di kemasan kondom tersebut harus disimpan di suhu ruangan tertentu. Selain itu, sebaiknya jangan simpan kondom di tempat yang terkena sinar matahari.

"Jangan pula kondom asal ditaruh begitu saja. Kebiasaan seperti itu akan membuat kondom rentan rusak. Sebaliknya, kalau penyimpanannya sudah benar pasti kondom bisa awet sampai tiba masa kadaluwarsanya," kata dr Andri.

Sementara itu, Larissa Hirsch, MD dari kidshealth.org mengatakan jangan simpen kondom dengan posisi tertekan misalnya di dompet atau saku celana. Saat menggunakan kondom, hindari pula pelumas berbahan dasar air seperti losion, minyak pijat, petroleum jelly, atau baby oil.

"Itu hanya akan merusak bahan kondom hingga tak bisa berfungsi efektif. Jika kondom terlihat kering, lengket, atau kaku saat dibuka dari kemasan, jangan gunakan. Lebih baik pakailah kondom yang baru," tutur Hirsch.

(rdn/vit)