Rabu, 08 Okt 2014 14:05 WIB

Serba-serbi si Karet KB

Ini Pentingnya Jaga Kebersihan Tangan Sebelum Gunakan Kondom Wanita

Ghea Rianti Purnamasari - detikHealth
Illustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Selain kondom untuk pria, kondom juga hadir untuk wanita. Memang agak tidak lazim, hanya saja pakar mengatakan bahwa kondom pria dan wanita tidak memiliki perbedaan dari segi bahan. Hanya bentuknya saja yang berbeda.

"Bahannya sama saja sih, cuma bentuknya saja yang berbeda dengan kondom untuk pria. Kondom wanita itu bentuknya seperti diafragma," tutur dr Andri Wanananda, MS, konsultan seksologi detikHealth ketika dihubungi dan ditulis Rabu (8/10/2014).

dr Andri menjelaskan bahwa pemakaian kondom wanita berbeda dengan kondom untuk pria. Pada pria, kondom digunakan untuk menutupi penis. Sedangkan pada kondom wanita, yang ditutup adalah ujung rongga vagian bagian dalam.

Ditambahkan dokter yang juga dosen di Universitas Tarumanegara tersubut bahwa jika wanita ingin menggunakan kondom wanita, ada baiknya menjaga kebersihan. Cuci tangan dan menggunting kuku wajib dilakukan sebelum memasang kondom wanita.

"Pemakaiannya itu harus diperhatikan kebersihan tangan, cuci tangan dulu, gunting kuku, karena kondom harus didorong masuk ke dalam lubang vagina," sambungnya lagi.

Menjaga kebersihan tangan tidak hanya untuk merawat vagina dan terhindar dari penyakit, namun juga dilakukan agar kondom tak rusak atau sobek ketika dipasang. Jika rusak atau sobek, fungsinya sebagai alat kontrasepsi tentu akan hilang.

"Tergores kuku sedikit kondom bisa langsung sobek. Makanya kenapa ada yang namanya quality control dari pabrik pembuat kondom," pungkasnya.

(rsm/vit)