Rabu, 08 Okt 2014 15:05 WIB

Serba-serbi si Karet KB

Tidak Praktis Jadi Alasan Kondom Wanita Kalah Populer Dibanding Kondom Pria

Ghea Rianti Purnamasari - detikHealth
Illustrasi: gettyimages
Jakarta -

Penggunaan kondom pada pasangan suami istri (pasutri) biasanya memang digunakan oleh lelaki. Padahal produk kondom wanita pun sudah beredar luas di masyarakat, hanya saja sepertinya kurang populer. Kenapa ya?

Guru besar seksologi dari Universitas Udayana, Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, mengatakan bahwa alasan kondom wanita tidak populer sangat simpel. Yaitu pemakaiannya yang kurang praktis dibandingkan dengan kondom pria.

"Kondom wanita kurang populer ya karena tidak sepraktis kondom pria," tutur Prof Wimpie ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (8/10/2014).

Hal senada juga disampaikan oleh dr Andri Wanananda, MS. Menurut dr Andri bahwa memang pemakaian kondom wanita tidak sepraktis kondom pria. Jika kondom pada pria dipasang di luar tubuh, kondom wanita dipasang di dalam tubuh sehingga pemasangannya agak sulit.

"Tidak seperti kondom pria yang dipasang di penis, kan dipakainya di luar. Kalau kondom wanita harus dipakai di bagian dalam vagina," ujarnya.

Alasan lain mengapa kondom wanita kurang populer menurut dr Andri adalah rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh wanita. Penyebabnya, kondom yang dimasukkan ke dalam vagina akan terasa sebagai benda asing. Pemanasan atau foreplay pun akhirnya menjadi tidak maksimal karena wanita merasa tidak nyaman.

Terakhir, dr Andri mengingatkan bahwa sebelum memasang atau memakai kondom wanita, kebersihan tangan harus dijaga. Kondom wanita dipasang di dalam vagina dan tentunya jari harus higienis agar tidak infeksi.

"Beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam pemakaian kondom khusus wanita di antaranya tangan harus higienis, harus gunting kuku dulu agar tidak infeksi karena kan kondom harus ditekan masuk ke dalam vagina dengan menggunakan jari-jari," pungkasnya.

(rsm/vit)