Rabu, 28 Jan 2015 09:05 WIB

Kupas Tuntas Diet Mayo

Prinsip Diet Mayo Ala 'Mayo Clinic': 5 Kebiasaan Buruk dan Baik

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Kupas Tuntas Diet Mayo
Jakarta -

Diet Mayo yang dipopulerkan oleh Mayo Clinic disebut-sebut sebagai salah satu jenis diet populer di Amerika Serikat. Memiliki prinsip yang baik dari sisi nutrisi, seperti apa sebenarnya metode diet ini?

"Prinsipnya bagus, kalau ada orang yang bertanya ini merupakan salah satu diet yang saya sarankan. Kuncinya menghilangkan 5 kebiasaan buruk (bad habits) dan menggantikannya dengan 5 kebiasaan baik (good habits)," ujar ahli gizi Jansen Ongko, Msc, RD kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (28/1/2015).

Prinsip 5 kebiasaan baik tersebut di antaranya memperbanyak makan buah dan sayuran; selalu sarapan dengan menu sehat; membiasakan diri mengonsumsi grains atau serealia; membiasakan diri mengonsumsi lemak sehat; serta olahraga minimal 30 menit setiap hari.

Disebutkan Jansen, serealia yang dimaksud bisa berupa beras merah, gandum, dan roti gandum, serta biji-bijian berupa wijen, flax seed, dan chia seed. Sementara lemak sehat di antaranya kacang-kacangan, alpukat, dan ikan salmon.

Nah, 5 kebiasaan baik ini sebaiknya tetap diterapkan dan jangan lupa hindari 5 kebiasaan buruk lain. Apa saja?

"Kebiasaan buruk ini di antaranya makan bergula, makan snack atau camilan selain buah atau sayur, makan sambil melakukan aktivitas lain misalnya nonton TV atau main ponsel, makan terlalu banyak daging dan makan ke restoran. Yang terakhir itu jadi mereka menyarankan tidak makan ke restoran yang menunya tidak mereka sarankan," pungkas Jansen.

Makan daging sebagai sumber protein sebenarnya memang baik, namun Jansen menjelaskan bahwa konsumsi asupan ini terlalu banyak porsinya juga tetap tak sehat.

"Misalnya sedang makan 'all you can eat' lalu makan daging banyak-banyak. Daging itu sebenarnya bagus asal diolah dengan benar dan dimakan dalam porsi yang tepat. Kalau dikonsumsinya berlebihan ya tidak bagus juga menurut Mayo Clinic. Terus misalnya kacang itu sehat, tapi kan tidak serta-merta kalau makan harus dua atau tiga toples," imbuh nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles ini.

(ajg/up)
Topik Hangat Kupas Tuntas Diet Mayo