Rabu, 15 Apr 2015 09:07 WIB

Fenomena Brownies Ganja

BNN: Tidur 2 Hari Bukan Efek Brownies Ganja, Tapi Sejenis LSD

Septiana Ledysia - detikHealth
Narkoba jenis LSD (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Pakar kesehatan meragukan efek brownies ganja bisa menyebabkan seseorang tertidur selama 2 hari. Badan Narkotika Nasional (BNN) memastikan, bukan ganja yang menyebabkan efek tersebut melainkan jenis narkoba yang lain.

"Dipastikan yang tidur dua hari bukan ganja. Itu yang sejenis LSD," kata Kepala Bagian Humas BNN, Kombes Slamet Pribadi dalam wawancara khusus dengan detikHealth di sela-sela pemusnahan ladang ganja di Bengkulu, seperti ditulis Rabu (16/4/2015).

LSD (Lycergic syntetic diethylamide) merupakan jenis narkoba yang juga mempunyai efek halusinasi. Umumnya berbentuk lembaran seperti perangko yang dipakai dengan cara diletakkan di bawah lidah atau sublingual.

Baca juga: Dokter Ragu Brownies Ganja Efeknya Bisa Tidur Sampai 2 Hari

Kematian akibat penyalahgunaan LSD bisa disebabkan oleh hipotermia, yakni turunnya suhu tubuh hingga di bawah 32 derajat celcius. Selain itu, konsumsi LSD juga meningkatkan volume darah yang dipompa jantung, sehingga penggunanya bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Risiko lain adalah kecelakaan maut saat berkendara di bawah pengaruh LSD. Efek halusinasi bisa membuat pengguna LSD melihat hal-hal yang tidak nyata, sehingga rentan mengalami kecelakaan fatal di jalan raya.

Baca juga: Fakta-fakta LSD, Narkotika yang Dipakai Pelaku Tabrakan Maut Pondok Indah

(up/up)