Beragam Penyebab Kuku Menguning: Kuteks Hingga Infeksi Jamur

ADVERTISEMENT

Ulasan Khas Kuku Sehat

Beragam Penyebab Kuku Menguning: Kuteks Hingga Infeksi Jamur

Diza Liane S - detikHealth
Rabu, 22 Apr 2015 15:47 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Warna kuku yang menguning pastinya bisa membuat seseorang tampil tidak percaya diri. Dalam keseharian pun, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat warna kuku menguning.

Dikatakan dr Laksmi Duarsa SpKK, penggunaan kuteks atau pewarna kuku yang terlalu lama juga berdampak pada warna kuku yang menguning. Maka dari itu, dr Laksmi menekankan harus diwaspadai jika warna kuku sudah mulai menghitam.

"Bisa jadi itu adalah salah satu tanda melanoma atau keganasan pada kuku," ujar dr Laksmi dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (22/4/2015).

Baca juga: Tips Melindungi Kuku Kaki dari Jamur

Warna menguning, lanjut dr Laksmi juga bisa disebabkan karena psioriasis. Psoriasis yang selama ini sering terjadi pada kulit, nyatanya jika terjadi pada kuku juga bisa mengubah warna asli kuku hingga berwarna kuning.

dr Laksmi mengungkapkan pada dasarnya kuku warnanya bisa kuning bisa hitam. Nah, warna seperti itu disebabkan oleh jamur kuku dah tidak ada hubungannya dengan kurang gizi. Seringnya, kondisi ini terjadi pada orang yang dalam kesehariannya terus kontak dengan air sehingga memudahkan jamur 'bermigrasi' dan tumbuh di kuku.

"Penggunaan ekstension atau kuku tambahan yang biasanya untuk mempercantik kuku dan penampilan juga bisa membuat kuku kuning. Kalau dipasangnya tidak pas, dan menyebabkan rongga untuk masuknya cairan maka menyebabkan suasana lembab. Jamur bisa berkembang biak dikondisi seperti ini," papar dr Laksmi.

Baca juga: Hati-hati Pilih Kuteks Karena Bisa Sebabkan Gangguan Reproduksi


(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT