Tak Harus 'Meni-Pedi', Merawat Kuku Bisa Dilakukan Sendiri

ADVERTISEMENT

Ulasan Khas Kuku Sehat

Tak Harus 'Meni-Pedi', Merawat Kuku Bisa Dilakukan Sendiri

Diza Liane Syahputri - detikHealth
Rabu, 22 Apr 2015 18:04 WIB
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Menjaga kesehatan kuku tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda bisa tinggal ke salon untuk melakukan prosedur manicure maupun pedicure. Tapi bila kantong cekak, merawat kuku pun bisa dilakukan sendiri lho.

Kepada detikHealth, dr Laksmi Duarsa, SpKK menegaskan tak ada waktu ideal untuk menggunting kuku. "Jika sudah tumbuh panjang, ya silakan digunting kukunya. Kapan saja bisa asal jangan terlalu pendek dipotongnya," katanya.

Dokter yang berpraktik di D&I Skin Centre Denpasar itu menegaskan kuku yang dipotong terlalu pendek, atau melebihi ujung jari kuku, akan memicu infeksi karena kotoran, bakteri atau jamur mudah masuk dan berkembang biak di celah tersebut.

Baca juga: Setop Jadikan Gigit Kuku sebagai Kebiasaan, Ini Bahayanya
 
"Setidaknya kalau kukunya dipanjangkan, jaga kebersihan kukunya," saran dr Laksmi. Misalkan saat mandi, kuku dibersihkan dengan sikat khusus yang halus agar tidak kotor, atau ke salon untuk manicure dan pedicure. Walaupun mahal, kedua prosedur tersebut dijamin dapat membersihkan kuku jari dari berbagai kotoran yang mungkin terselip di sana.

Sebelumnya Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), dr Rino A. Gani, SpPD-KGEH, mengingatkan gunting kuku pun tidak boleh asal meminjam karena penularan virus bisa terjadi dari alat ini. Virus yang dikhawatirkan adalah Hepatitis C.

"Iya kan gunting kuku juga bisa melukai, kadang-kadang ada sisa darah yang tidak terlihat juga," ungkapnya kepada detikHealth di kesempatan terpisah.

Sisa-sisa darah yang tak terlihat ini diungkapkan dr Rino berisiko dapat menginfeksi seseorang. Oleh sebab itu, ia menyarankan sebaiknya gunting kuku digunakan secara pribadi dan tidak meminjam. Aturan serupa juga diberlakukan untuk alat kebersihan lain yang kemungkinan bisa memicu luka dalam pemakaiannya, seperti pisau cukur.

Baca juga: Hati-hati Potong Kuku Kaki Pasien Diabetes Jika Tak Ingin Kena Komplikasi

(lll/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT