Rabu, 29 Apr 2015 09:06 WIB

Ulasan Khas Kacamata

Rabun Tapi Tak Pakai Kacamata, Dampaknya Bisa Pengaruhi Otak

Diza Liane Syahputri - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata
Jakarta - Kacamata menjadi solusi bagi pengidap mata rabun, baik rabun jauh maupun rabun dekat. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang meski sudah rabun enggan menggunakan kacamata dengan berbagai alasan.

dr Gitalisa Andayani, SpM(K) prihatin jika masih ada orang yang menolak kacamata meski membutuhkan. Biasanya, penolakan ini dilakukan oleh orang tua yang tak ingin anaknya berkacamata. Padahal jika anak tak diberi kacamata meski butuh, anaklah yang mengalami kerugian, bukan orang tua.

"Kalau anak sudah memiliki keluhan pada mata, sebaiknya segera ke dokter untuk dilihat sejak dini apakah ada rabun atau tidak lalu perlu tidaknya pemakaian kacamata untuk anak. Saat rabun, kasihan proses belajar anak pasti terganggu, prestasinya juga otomatis menurun," tutur dr Gita, ketika dihubungid detikHealth dan ditulis Rabu (29/4/2015).

Baca juga: Bagi Pengidap Rabun Mata, Menggunakan Kacamata Adalah Sebuah Kebutuhan

dr Gita mengatakan bahwa telat menggunakan kacamata bisa menimbulkan masalah yang lebih besar, terutama kepada anak-anak. Jika gangguan penglihatan tidak diatasi, maka otak akan terbiasa dengan pandangan yang tidak jelas atau blur.

Akibatnya, otak sudah tidak terangsang lagi untuk memfokuskan ketajaman penglihatannya. Jika ini dibiarkan dan terus berlanjut hingga waktu lama, maka memakai kacamata pun sudah tidak akan membantu.

"Jadi saat orang kelamaan tidak menggunakan kacamata, penglihatannya jadi blur, nantinya penggunaan kacamata jadi tidak membantu karna fungsi ketajaman mata sudah menurun. Otak sudah tidak terangsang lagi untuk memfokuskan ketajaman penglihatannya," tandas dr Gita.

Dihubungi terpisah, dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung mewaspadai bahaya lain dari mata rabun yang tidak diatasi. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengukur jarak dan kecepatan suatu objek.

"Pemain bola kalau tidak bisa mengukur kecepatan bolanya, eh tahu-tahu bolanya udah dekat karena tidak terlihat atau tidak sadar, jadinya bahaya untuk kesehatan pasien. Atau juga mereka yang nyetir tidak menggunakan kacamata, kalau tidak jelas mengukur jarak suatu objek jadinya nabrak nanti. Banyak kecelakaan yang terjadi pada orang yang seharusnya menggunakan kacamata tapi saat nyetir tidak menggunakan kacamata," terangnya.

Baca juga: Derita Pakai Kacamata: Susah Nonton 3D dan Berembun Saat Makan Bakso (mrs/vit)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata