Rabu, 29 Apr 2015 10:07 WIB

Ulasan Khas Kacamata

Lebih Baik Mana, Pakai Lensa Kontak atau Kacamata?

Diza Liane Syahputri - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata
Jakarta - Kacamata bukan satu-satunya alat untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan rabun jauh atau dekat. Sebagian orang lebih memilih menggunakan lensa kontak dengan alasan lebih praktis.

dr Gitalisa Andayani, SpM(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM mengatakan bahwa sebenarnya tidak apa-apa lebih memilih menggunakan lensa kontak dibandingkan kacamata. Namun harus juga diperhatikan risiko iritasi pada kornea.

"Yang paling aman memang kacamata, karena tidak kontak langsung dengan mata. Risikonya lebih kecil untuk membuat mata iritasi. Tapi mungkin ada beberapa profesi yang mengharuskan tidak menggunakan kacamata, nah lensa kontak bisa jadi pilihannya," tutur dr Gita, ketika dihubungi detikHealth, dan ditulis Rabu (29/4/2015).

Baca juga: Rabun Tapi Tak Pakai Kacamata, Dampaknya Bisa Pengaruhi Otak

Karena bersentuhan langsung dengan mata, mata risiko kornea iritasi juga meningkat. Selain itu perawatan lensa kontak juga lebih disiplin dan kebersihannya harus dijaga. dr Gita menyarankan untuk memerhatikan kebersihan, kualitas, dan expired datenya.

"Lihat juga expired date-nya, perawatan dari lensa kontaknya seperti apa, cairan perendam lensa kontaknya harus baik jangan sampai terkontaminasi. Kalau terkontaminasi bakteri dan jamur, bahaya kalau kontak dengan kornea mata kan. Bahkan seringkali menimbulkan luka dan infeksi kornea," tandasnya.

Dihubungi terpisah, dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung mengatakan mau memilih lensa kontak ataupun kacamata merupakan pilihan masing-masing pasien. Hanya saja kembali lagi, risiko pada lensa kontak untuk menimbulkan bahaya ke mata lebih besar.

"Semua punya motivasi tersendiri ya. Kalau memang karena motivasi penampilan, ya tidak apa-apa. Tapi risiko lensa kontak lebih besar. Lensa kontak itu kan harus menggunakan jari saat memakainya, nah kebersihan jarinya harus dijaga. Kebersihan lensa kontaknya juga dijaga agar tidak mudah terjadi infeksi pada mata," ungkapnya.

Terakhir, dr Gita menyarankan agar pengguna lensa kontak juga mempunyai kacamata. Jika kebetulan lensa kontak membuat mata iritasi, maka kacamata bisa langsung menjadi solusi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Bagi Pengidap Rabun Mata, Menggunakan Kacamata Adalah Sebuah Kebutuhan (mrs/vit)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata
News Feed