Rabu, 29 Apr 2015 13:06 WIB

Ulasan Khas Kacamata

Beda dengan Lensa Kontak, Pakai Kacamata Bisa Awet Sampai Tahunan

Diza Liane Syahputri - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata
Jakarta - Mengganti kacamata biasanya dilakukan ketika kondisi fisik si kacamata sudah rusak parah seperti lensa pecah atau frame-nya membengkok. Tapi ada juga yang sekadar bosan dan ingin ganti gaya.
 
Namun pada usia tertentu, lensa kacamata tak boleh lama-lama dipakai, seperti pada anak-anak. Seperti halnya diungkapkan dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH.
 
"Karena perkembangan matanya makin bertambah, ada baiknya enam bulan sekali rutin diperiksa matanya dan juga diganti lensanya," tandas dr Syumarti kepada detikHealth dan ditulis Rabu (29/4/2015).
 
Baca juga: Sering Copot Kacamata Bikin Minus Makin Parah? Ah Itu Mitos!
 
Hal senada dikemukakan dr Gitalisa Andayani, SpM(K). Kacamata memang lebih awet digunakan ketimbang lensa kontak, yang maksimal harus diganti tiap setahun sekali.
 
"Selama kondisi kacamatanya masih bagus, tidak ada goresan di lensa yang dapat mengganggu penglihatan ya tidak apa-apa," tutur dr Gita dalam kesempatan terpisah.
 
Hanya saja dokter yang berpraktik di Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana tersebut mengingatkan selain pada anak-anak, lensa kacamata juga perlu di-follow up bila usia pemakainya telah memasuki 40 tahun.
 
"Mereka yang usianya sudah 40 tahun ke atas harus sering sekali ganti lensa kacamatanya, karna ada perubahan ukuran rabun," jelasnya.
 
Rata-rata mereka akan mengganti lensa 2 hingga 3 kali, tergantung besaran ukuran rabunnya. Namun paling lama, dr Gita mengatakan tiap lima tahun sekali, mereka baru mengganti ukuran lensa kacamata.
 
"Kalau masih usia antara 18-40, biasanya jarang ganti lensa," tutupnya. Kendati demikian keduanya sepakat bahwa tak ada batas maksimal penggunaan lensa kacamata dengan ukuran rabun tertentu, asalkan tidak mengganggu penglihatan dan kenyamanan pemakainya.
 
Baca juga: Rutin Pakai Kacamata Bukan Berarti Rabun Bisa Jadi Lebih Baik



(lll/vit)
Topik Hangat Ulasan Khas Kacamata