Rabu, 06 Mei 2015 08:02 WIB

Kotoran di Rongga Telinga

Kenali Serumen, Getah Saluran Telinga yang Jadi Kotoran Saat Menumpuk

Andara Nila Kresna - detikHealth
ilustrasi: Thinkstock ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Orang-orang menyebutnya kotoran telinga namun sebetulnya zat lengket yang sering ditemukan di saluran telinga bukan merupakan ekskresi sisa-sisa metabolisme tubuh. Bernama serumen, zat ini merupakan pelumas yang memang dirancang untuk melindungi telinga.

dr Darnila Fachruddin, Sp.THT, dari RS THT Bedah Prof Nizar mengatakan serumen mendapatkan namanya kotoran telinga karena ia menangkap partikel-partikel halus seperti debu yang masuk ke dalam. Bila banyak partikel yang masuk perlahan serumen pun akan berubah menjadi kotor.

"Sebetulnya yang biasa kita sebut kotoran telinga itu bukan kotoran melainkan getah pada telinga, dan dalam medis disebut serumen," ujar dr Darnila ketika ditemui di kediamannya di Jalan Potlot II/10 Duren Tiga, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Rabu (6/5/2015).

Baca juga: Meniup Telinga Anak yang Kemasukan Air? Risikonya Pecah Gendang Telinga

"Getah ini diproduksi oleh kelenjar-kelenjar yang ada di liang telinga dan tentu saja diciptakannya getah tersebut pasti ada kegunaannya, getah ini berfungsi sebagai perlindungan pada liang telinga. Dia akan menangkap misalnya debu debu halus dan serangga," lanjutnya.

Ketika serumen semakin banyak menangkap kotoran dan menumpuk orang-orang senang untuk mengeluarkannya dengan manual. Bila dilakukan dengan baik tentu tak masalah tapi bisa saja ada risiko kesehatan yang timbul kalau salah dilakukan.

Jarang dibersihkan juga dikatakan oleh dr Darnila tak baik. Kotoran bisa menumpuk bukan tak mungkin bisa membuat orang jadi budek.

"Getah pada telinga bisa menjadi penyebab budek jika jumlahnya banyak sehingga menutup seluruh liang telinga. Tentunya gelombang suara yang ingin masuk akan terhalang sehingga pendengaran menjadi berkurang," papar dr Darnila.

Bagi pembaca yang ingin tahu serba-serbi serumen lebih jauh, detikHealth akan membahasnya lebih dalam lagi dalam laporan spesial ulasan khas hari ini.

Baca juga: Ada yang Aneh pada Telinga Anda? Mungkin Ini Artinya

(fds/up)