Rabu, 10 Jun 2015 10:05 WIB

Serba-serbi MPASI

Begini Tahapan Mengenalkan Makanan Padat pada Bayi

Andara Nila Kresna - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Ketika buah hati semakin tumbuh besar, air susu ibu (ASI) lama-lama kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Makananan pendamping ASI (MPASI) bisa diberikan secara perlahan agar anak terbiasa hingga akhirnya bisa mengunyah makanan padat seperti disarankan oleh dokter.

"Pengenalan MPASI harus dimulai dari yang paling lembut atau hampir cair hingga benar-benar padat demi melatih kesiapan ususunya," tegas dr Yoga Devaera, SpA(K), dari RSCM Jakarta ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (10/5/2015).

Dihubungi terpisah, dr Melisa Anggraeni, SpA, dari RS Siloam Lippo Cikarang mengatakan yang terpenting ketika mengenalkan MPASI kepada anak adalah teksturnya.

Baca juga: Lewat Usia 6 Bulan, ASI Saja Tidak Cukup Agar si Kecil Tumbuh Optimal

Dimulai dari umur bayi 6-7 bulan orang tua bisa mengenalkan MP ASI yang paling lunak terlebih dahulu seperti bubur susu. Kemudian makanan naik tahap menjadi sedikit lebih padat misal bubur oatmeal ketika anak mencapai umur 7-9 bulan. Sedangkan di usia 9 bulan ke atas bisa dengan nasi tim.

Jika anak gagal diberikan MPASI padat yang sesuai dengan umurnya, ada kemungkinan saluran pencernaan anak belum siap. Akibatnya pencernaan pun jadi bisa tergangu.

Untuk kandungan dari MPASI sendiri, dr Yoga mengatakan orang tua tak perlu khawatir. Apapun bentuk MPASI seperti misalnya biskuit bayi apakah padat atau cair, kandungannya tetap akan sama.

"Yang berbeda hanya besaran gizinya karena yang sudah dihaluskan atau di-blender cenderung mengandung kadar air yang lebih tinggi," ujar dr Yoga.

Baca juga: Belum 6 Bulan, Bolehkah Bayi Diberi MPASI?

(fds/vit)