Rabu, 10 Jun 2015 12:05 WIB

Serba-serbi MPASI

Menambahkan Gula dan Garam Saat Bikin MPASI, Boleh Nggak Sih?

Andara Nila Kresna - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock) Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Topik Hangat Serba-serbi MP ASI
Jakarta -

Pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI) sebaiknya tidak ditambahkan bumbu dan perasa. Pakar mengatakan, penambahan bumbu dan perasa seperti gula, garam, merica dan sejenisnya dapat membuat anak menjadi pilih-pilih makanan.

dr Melisa Anggraeni, SpA, dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang, mengatakan gula, garam dan merica memang membuat makanan menjadi lebih gurih. Namun sebaiknya untuk anak di bawah dua tahun, tidak diberikan perasa agar nantinya anak tidak hanya ingin makan yang gurih-gurih saja.

"Takutnya kalau anak kebiasaan diberi rasa yang gurih akan memberikan kecenderungan anak tidak akan menyukai rasa alamiah atau original. Pada usia 7 bulan barulah orang tua boleh memodifikasi nasi yang diblender dengan lauk dan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu," tutur dr Melisa dalam perbincangan dengan detikHealth, dan ditulis Rabu (10/5/2015).

Baca juga: Ini Dia Perbandingan Porsi Makanan Padat dan ASI Sesuai Umur Bayi

Untuk MP-ASI, dr Melisa mengatakan yang paling adalah mengenalkan anak dengan rasa original dari kaldu, buah dan sayuran. Kenalkan dahulu anak pada rasa sayuran, buah atau umbi-umbian seperti kentang dan labu.

dr Yoga Devaera, SpA(K) dari RSCM menyoroti masalah yang sama. Jika MPASI biasa ditambahkan gula dan pemanis lainnya, ada kemungkinan anak akan tumbuh menyukai makanan yang manis-manis. Menurutnya ini akan berakibat buruk dalam jangka panjang.

"Konsumsi gula pada anak juga harus dibatasi karena dapat memberikan efek jangka panjang. Apabila terbiasa makan makanan atau minum manis dari kecil, maka kemungkinan preferensi ini akan terbawa sampai dewasa," ungkapnya ketika dihubungi terpisah.

Baca juga: Begini Tahapan Mengenalkan Makanan Padat pada Bayi

Meski begitu, dr Yoga dan dr Melisa mengatakan tidak ada larangan mutlak untuk memberikan perasa seperti gula dan garam pada MPASI. Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia, penambahan gula dan garam boleh saja dilakukan, asal dengan jumlah yang sangat sedikit.

"Pemberian bumbu lain, garam dan gula sebenarnya tidak masalah jika diberikan asal dalam porsi yang sedikit itupun pada usia 1 tahun ke atas. Untuk merica baru boleh diberikan pada anak berusia 2 tahun ke atas. Namun sebaiknya ya tidak usah memberikan bumbu-bumbu perasa terlalu banyak," pungkas dr Melisa.

(mrs/vit)
Topik Hangat Serba-serbi MP ASI
News Feed