Rabu, 15 Jul 2015 13:05 WIB

Fit Saat Idul Fitri

Tak Mau Sakit karena Kebanyakan Makan Saat Lebaran? Begini Triknya

Sapta Agung Pratama - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Apapun yang berlebihan pasti efeknya tidak baik, termasuk berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Karena itu Anda perlu mengantongi trik agar tetap bisa makan enak tanpa risiko sakit saat Lebaran.

"Sebaiknya ada planningnya. Kalau mau pergi ke beberapa tempat, saya anjurkan, misalnya makan ketupat yang komplit di rumah A. Terus makan kue kering di rumah B," ujar dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, dari RS Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, memberikan trik dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Baca juga: Penyebab Kaki Bengkak Usai Mudik Jarak Jauh

Yang perlu diperhatikan, makannya tidak boleh langsung banyak melainkan sedikit-sedikit. Maksudnya adalah agar pencernaan tetap lancar. "Prinsipnya planning dan makan bertahap. Jangan sekali banyak," imbuhnya.

Terkadang saking banyaknya makanan, seseorang menjadi terlena. Nah, jika sudah kadung banyak makanan bersantan yang punya kadar lemak tinggi, maka sebaiknya segera minum air putih dalam jumlah cukup.

"Memilih makanan lebaran tetap harus seimbang. Tetap makan sayur dan minum air putih dan buah. Kalau mau cake boleh satu potong," sambung dr Titi memberi saran.

Baca juga: Banyak Makanan Saat Lebaran, Awas Gagal Langsing dan Penyakit Lama Kambuh

(vit/ajg)