ADVERTISEMENT

Rabu, 25 Nov 2015 09:01 WIB

Cara Sehat Menyikat Gigi

Perhatikan, Begini Caranya Menyikat Gigi yang Sehat dan Benar

Martha HD, Jeems Suryadi, Sharon Natalia - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Asal menyikat gigi saja dikatakan pakar dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Lalu bagaimana caranya menyikat gigi dengan sehat dan benar?

drg Irayani Queency Putri dari Hendra Hidayat Dental Clinic mengatakan prinsip menyikat gigi yang sehat dan benar sangat sederhana, yakni secara horizontal (kiri ke kanan) dan juga vertikal (atas ke bawah). Yang harus diperhatikan adalah bagian gigi mana yang disikat secara vertikal dan horizontal.

"Baiknya kalau gigi depan itu vertikal (atas-bawah) dan gigi belakang horizontal (kiri-kanan)" ungkap drg Irayani dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis Rabu (25/11/2015).

Dihubungi terpisah, Prof Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti mengatakan meski gerakan ke atas-bawah dan ke kiri-kanan terlihat sederhana, kebersihannya harus tetap diutamakan.

Baca juga: Jangan Asal Gosok Jika Tak Mau Gigi dan Mulut Banyak Masalah

Usahakan dalam menyikat gigi semua bagian gigi disikat dengan bersih dan rata. Jangan hanya menyikat gigi bagian pinggir atau depannya saja, namun juga bagian belakangnya.

"Sikat gigi yang benar itu gerakan mekanis nya, atas bawah atau kiri kanan sama saja, yang penting adalah semua bagian gigi harus dibersihkan dengan benar. Karena kembali lagi tergantung bentuk gigi," ungkapnya.

Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan meski sederhana, masih banyak masyarakat yang salah dalam melakukan sikat gigi. Umumnya kesalahan yang dilakukan adalah menyikat gigi terlalu keras sehingga membuat gusi berdarah.

Selain itu penting juga untuk memilih sikat gigi yang tepat. Pilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut agar tidak menyebabkan iritasi di gigi maupun gusi.

"Disarankan menggunakan sikat gigi yang soft atau lembut untuk menyikat gigi, jika yang keras akan susah untuk menyikan kotorna yang keras yang bisa menyebabkan iritasi diantara gusi dan gigi. Selain itu juga menggunakan ukuran yang sedang, tidak besar atau kecil," sarannya.

Baca juga: Hii! Gigi Bisa Berwarna Kuning Kehijauan karena Tertutup Karang Gigi (mrs/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT