Rabu, 25 Nov 2015 16:06 WIB

Cara Sehat Menyikat Gigi

Pilih-pilih Pasta Gigi, Begini Saran Dokter Gigi

Nurvita Indarini, Sharon Natalia, Jeems Suryadi - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat Anda berada di swalayan, hendak membeli pasta gigi, mungkin Anda akan berdiri cukup lama untuk memilih. Ya, saat ini ada banyak sekali pasta gigi yang dijual di pasaran. Ada yang mengklaim bisa memutihkan gigi, melindungi gigi lebih lama, hingga mencegah bau mulut.

Prof Dr Melanie S Djamil, drg, MBiomed menuturkan semua pasta gigi yang saat ini banyak dijual memiliki kelebihan masing-masing. Jika sudah beredar di pasaran, biasanya sudah memiliki izin, yang artinya aman digunakan.

Namun ada baiknya orang-orang yang punya masalah dengan giginya, berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum memilih pasta gigi. "Yang utama kita harus konsultasi ke dokter gigi misalnya untuk gigi sensitif karena ada pasta gigi yang bahan kimianya bikin gigi semakin terkikis. Tapi kalau selama ini fine-fine aja pake pasta gigi apapun, nggak masalah," tutur Prof Melanie dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/11/2015).

Terkait rasa pada pasta gigi, misalnya mint, menurut Prof Melanie itu hanya untuk memberi efek menyegarkan. Namun lagi-lagi balik kepada konsumen, apakah suka dengan rasa mint atau tidak. Selebihnya, tidak ada khasiat utama untuk kesehatan rongga mulut.

"Jadi ini hanya untuk kenyamanan semata. Nggak ada efek terhadap kesehatan gigi," imbuh Prof Melanie yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Pilihlah Odol yang Sesuai dengan Kondisi Gigi

Hal senada disampaikan drg Irayani Queency Putri dari Hendra Hidayat Dental Clinic (HHDC). drg Ira menyebut pada dasarnya semua pasta gigi sama saja. Namun kesehatan gigi dan mulut tergantung dari bagaimana cara menyikat gigi.

"Tapi mungkin yang perlu diperhatikan dihindari membeli pasta gigi yang mengandung detergen," saran drg Ira.

Rasa pasta gigi juga tidak berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Sebab yang menyumbang pada perawatan gigi adalah kandungan dalam pasta gigi. "Lebih bagus kalau pasta giginya yang mengandung fluoride," ucap drg Ira.

Fluoride adalah bahan terpenting dalam pasta gigi yang berperan dalam mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi. Fluoride melindungi gigi dari asam yang dilepaskan dari mulut ketika Anda makan.

Bahan tersebut membuat enamel gigi semakin kuat sehingga memperkecil kerusakan enamel akibat asam. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pasta gigi berfluoride membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi.

Baca juga: Kandungan Plastik di Pasta Gigi, Apa Fungsinya?

(/vit)