Rabu, 25 Nov 2015 10:01 WIB

Cara Sehat Menyikat Gigi

Supaya Maksimal, Sikat Gigi Baiknya Berapa Menit?

Martha HD, Jeems Suryadi, Sharon Natalia - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menyikat sikat gigi adalah sebuah 'ritual' yang wajib dilakukan bila seseorang ingin kesehatan mulutnya terjaga. Sebab bila tak rutin disikat gigi akan alami karies kemudian rusak berlubang dan hal ini tentu bukan sesuatu yang mengenakkan.

Namun bagi orang yang rutin menyikat juga bukan jaminan giginya akan selalu sehat. Bila dilakukan sembarangan sikat gigi tak membawa manfaat. Hal ini terlihat dari laporan riset kesehatan dasar 2013 oleh Kementerian Kesehatan yang melihat angka kesadaran menyikat gigi masyarakat meningkat namun begitu juga dengan prevalensi karies gigi.

Prof Dr Melanie S. Djamil, drg, mengatakan bahwa sebetulnya hal yang penting dalam menyikat gigi adalah teknik. Pastikan seluruh permukaan telah tersikat dengan durasi yang tak usah terlalu lama juga.

"Tidak ada maksimal waktu, semua tergantung jumlah gigi. Yang pasti kita harus menyikat seluruh bagian gigi kita dengan gerakan mekanis yang baik selama 2-5 menit, dan semua permukaan harus terbersihkan," ujar drg Melanie yang menjabat sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/11/2015).

Baca juga: Perhatikan, Begini Caranya Menyikat Gigi yang Sehat dan Benar

Hal serupa juga dikatakan oleh Prof Heriandi Sutadi, drg. SpKGA(K), PhD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menurutnya durasi menyikat gigi bisa bervariasi namun untuk patokan sebaiknya dilakukan sekitar 3-5 menit.

Sekali lagi tapi perlu diingat bahwa lama menyikat bukan pegangan utama untuk hasil maksimal karena yang lebih penting adalah teknik. drg Irayani Queency Putri dari Hendra Hidayat Dental Clinic menyarankan agar seseorang memastikan kekuatan saat menyapu sikat pas.

"Baiknya 1-2 menit, tetapi lebih penting lagi untuk tidak terlalu keras dalam menyikat gigi. Kekuatannya harus sedang, tidak keras dan tidak terlalu pelan," ucapnya.

Baca juga: Jangan Asal Gosok Jika Tak Mau Gigi dan Mulut Banyak Masalah (fds/vit)