Rabu, 25 Nov 2015 11:04 WIB

Cara Sehat Menyikat Gigi

Ini Dia Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi

Martha HD, Jeems Suryadi, Sharon Natalia - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika sikat gigi dilakukan secara sembarangan, meski rutin, gigi tetap bisa terkena karies yang berujung pada lubang di gigi. Hal ini karena manfaat dari menyikat tak maksimal sehingga perlindungan pada gigi juga tak efektif.

Para ahli gigi pada umumnya mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah setelah sarapan dan juga sebelum tidur. Pada dua waktu tersebut sisa-sisa makanan rentan menempel di gigi untuk waktu yang lama membuat bakteri di mulut berkesempatan untuk membuat asam.

Baca juga: Supaya Maksimal, Sikat Gigi Baiknya Berapa Menit?

"Pada umumnya pasti setelah sarapan karena makanan yang menempel pada gigi akan bersih kemudian saat mau tidur, karena tanpa aktivitas di mulut itulah yang menyebabkan bakteri berkembang di gigi. Yang menggosok gigi saat mandi padahal belum makan itu salah," kata Profesor Heriandi Sutadi, drg. SpKGA(K), PhD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/11/2015).

Profesor Dr Melanie S. Djamil, drg, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti juga menambahkan kebiasaan pada orang barat ada juga yang menyikat gigi sehabis makan siang. Pada intinya adalah menyesuaikan waktu sikat gigi dengan waktu makan.

Oleh karena itu bila orang tua ingin membiasakan anaknya untuk menyikat gigi, Prof Melanie mengatakan jangan sikat gigi anak saat mandi sebelum makan. Kebiasaan tersebut harus diterapkan bahkan sejak anak masih bayi.

"Untuk anak yang malamnya harus minum susu, setelah minum susu beri air putih untuk kumur-kumur gunanya untuk menjaga keasaman rongga mulut," pungkas Prof Melanie.

Baca juga: Perhatikan, Begini Caranya Menyikat Gigi yang Sehat dan Benar (fds/vit)