Rabu, 06 Jan 2016 19:05 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Banyak Jalan Kaki dan Jongkok Bisa Percepat Bayi 'Turun'?

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
Jakarta - Beredar kepercayaan di masyarakat yang mengatakan jika ibu hamil banyak jalan kaki dan jongkok, bayi akan lebih mudah keluar ketika persalinan. Benarkah demikian?

dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mengatakan jalan kaki dan jongkok yang dilakukan oleh calon ibu yang hamil tua memang membantu. Namun manfaatnya bukan untuk membantu melancarkan persalinan dengan membuat posisi bayi lebih turun.

Baca juga: Morning Sickness Ketika Hamil Tua, Berbahayakah?

"Bisa membantu tetapi tidak melancarkan (persalinan). Cara ini akan melatih otot agar terlatih untuk proses persalinan," tutur dokter yang akrab disapa dr Adi tersebut, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis Rabu (7/1/2016).

Hal senada juga diungkapkan oleh dr Alfiben dari RS Permata Depok. dr Alfiben mengatakan jalan kaki atau jongkok tidak membuat bayi turun, yang diyakini mempercepat persalinan. Namun lebih kepada memperkuat otot kaki dan pinggul.

Jika otot pinggul lebih kuat, persalinan akan lebih mudah. Namun jalan kaki dan jongkok bukan satu-satunya cara yang bermanfaat bagi ibu hamil jelang persalinan.

dr Adi mengatakan olahraga apapun, asal tidak memberatkan, dapat bermanfaat bagi ibu hamil.

"Bisa dengan senam hamil, yoga atau apapun yang membuat sang ibu sehat," jelasnya.

Baca juga: Kehamilan Lewat Waktu Harus Diatasi dengan Caesar? Ini Kata Dokter (mrs/up)
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua