Rabu, 06 Jan 2016 20:06 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Kalau Ada Tanda Ini, Berarti Sudah Waktunya Ibu Hamil Tua Pergi ke RS

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
Jakarta - Ibu yang sudah hamil tua biasanya sering merasa bimbang karena ia tidak ingin terlambat tapi tidak ingin juga buru-buru ke rumah sakit (RS) untuk bersalin. Oleh karena itu pertanyaan kapan sebaiknya seorang ibu hamil menemui dokter sering ditanyakan.

dr Alfiben, SpOG dari RS Permata Depok mengatakan ada beberapa hal yang bisa jadi tanda bahwa waktu persalinan sudah dekat dan ibu hamil segera menemui tenaga kesehatan. Tanda utama adalah rasa mulas yang semakin lama semakin kuat dan sering.

"Mulesnya sudah setiap 10 menit sekali bisa langsung bawa ke dokter," kata dr Alfiben kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (6/1/2016).

Baca juga: Kehamilan Lewat Waktu Harus Diatasi dengan Caesar? Ini Kata Dokter

Selain rasa mulas, keluarnya lendir atau flek darah dari vagina juga bisa jadi tanda bahwa persalinan sudah dekat.

dr M Nurhadi Rahman, SpOG, dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta menambahkan normalnya rasa mulas tersebut datang 2-3 kali dalam rentang waktu 10 menit namun bagi yang baru punya anak pertama rasa mulas bisa datang 3-4 kali. Bila sudah ada tanda-tanda itu maka segera pertimbangkan jarak dari rumah ke RS.

"Jadi beberapa hal yang harus diwaspadai. Seperti kontraksi yang semakin sering tapi enggak perlu nyeri baru kerumah sakit," ujar dokter yang akrab disapa dr Adi ini.

"Kemudian keluaran cairan atau terasa kencing yang tidak dapat ditahan maka harus segera ke rumah sakit takutnya itu air ketuban," pungkasnya.

Baca juga: Minum Rebusan Rumput Fatima untuk Perlancar Persalinan, Disarankan Tidak? (fds/mrs)
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
News Feed