Rabu, 20 Apr 2016 18:04 WIB

Ayo Lawan Diabetes

Tanggapan Dokter Terkait Obat Herba Bagi Penyakit Diabetes

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Ayo Lawan Diabetes
Jakarta - Obat herba dan pengobatan alternatif lainnya laris manis di pasaran. Obat-obatan ini diklaim dapat menyembuhkan diabetes tanpa pasien melakukan pantangan makan.

Lalu, apa kata dokter? Prof Sidartawan Soegondo, Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan pasien diabetes yang ingin menggunakan obat herba harus menanggung risiko sendiri. Sebabnya, kegunaan obat-obat tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

"Gini, obat herba itu kan tidak diketahui bermanfaat atau tidak. Kalaupun bermanfaat, tahu dosis amannya nggak? Adakah efek sampingnya? Untuk tahu itu kan perlu ada penelitian ilmiah dulu," tutur Prof Sidartawn kepada detikHealth, baru-baru ini.

Baca juga: Tips Ibu Kuss Tetap Aktif Meski Idap Diabetes: Ikhlas dengan Penyakit

Hal senada dikatakan oleh dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, spesialis penyakit dalam, dari Siloam Hospitals ASRI. Obat herba populer bagi pasien adalah pare ataupun dedaunan yang rasanya pahit.

dr Mulyani menyebutkan, obat dari herba memang ada, namun baru aman dikonsumsi jika sudah melalui penelitian. Karena ini juga terkait dengan dosis yang dibolehkan untuk dikonsumsi. Risiko yang mengancam dengan mengonsumsi herba adalah adanya gangguan ginjal.

"Kalau asal-asalan, kasihan nanti ginjalnya bisa kena. Ginjal kena bukan karena diabetes tapi karena konsumsi herba yang asal-asalan," imbuh dr Mulyani.

Yang harus diingat, pasien tetap wajib berkonsultasi dengan dokter terkait pengobatan herba yang dilakukan. Sehingga efek samping yang tidak diinginkan bisa dihindari.

"Kalau obat herbanya bilang tidak boleh digunakan berbarengan dengan obat dokter, ya sebaiknya jangan digunakanlah. Intinya sih komunikasikan dengan dokter terkait obat-obat yang diminum," tutup Prof Sidartawan.

Baca juga: Gula Darah Terjaga, Haruskah Pasien Diabetes Tetap Kontrol ke Dokter?

(mrs/vit)
Topik Hangat Ayo Lawan Diabetes