Rabu, 08 Jun 2016 13:36 WIB

Buka Puasa Sehat

'Menu' Berbuka yang Dianjurkan Saat Terpaksa Buka Puasa di Jalan

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: thinkstock
Topik Hangat Buka Puasa Sehat
Jakarta - Kondisi lalu lintas yang padat tak jarang membuat orang-orang terpaksa berbuka di jalan, baik saat mereka sedang naik angkutan umum atau kendaraan pribadi. Dalam kondisi seperti itu, apa kudapan yang disarankan untuk membatalkan puasa?

"Jika terpaksa harus berbuka puasa di jalan, persiapkan bawa bekal seperti teh manis, biskuit-biskuit atau kue-kue kecil," kata dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo saat berbincang dengan detikHealth.

Jika memang sempat membeli jus buah atau minuman kemasan yang mengandung buah menurut dr Inge juga tidak masalah. Sebab, jus buah atau minuman seperti itu bisa mencukupi kandungan gula untuk tubuh. Kadang kala, karena tak sempat ada pula yang membatalkan puasa dengan memakan permen dengan alasan yang penting sudah mengonsumsi 'yang manis-manis'.

Baca juga: Buah-buahan Ini Bisa Jadi Solusi Pas Buka Puasa Sehat

Menurut dr Inge, itu tidak masalah tetapi harus juga minum air karena tubuh membutuhkan cairan, bukan hanya gula saja. Senada dengan dr Inge, dr David Fadjar Putra, MS, SpGK - RS Pondok Indah-Pondok Indah mengatakan hal yang paling utama dipenuhi tubuh adalah cairan baru yang lainnya sehingga penting sekali memperhatikan kebutuhan cairan tubuh.

Lalu bagaimana jika memilih junk food sebagai kudapan berbuka puasa saat di jalan? Baik dr Inge maupun dr David tidak menyarankan konsumsi junk food apalagi jika terlalu sering maka efeknya tidak baik bagi tubuh.

Dihubungi terpisah, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc menyarankan jika terpaksa berbuka di jalan, cukup minum segelas air putih dan tiga buah kurma yang dapat dilakukan saat dalam perjalanan pulang ke rumah.

"Dengan begitu bisa langsung menggatasi kekurangan cairan tubuh dan menaikkan gula darah serta menahan rasa lapar beberapa saat," kata wanita yang akrab disapa dr Tati ini.

Baca juga: Jangan Sampai Tak Sahur Saat Puasa, Ini Sebabnya



(rdn/vit)
Topik Hangat Buka Puasa Sehat