Kamis, 05 Feb 2015 08:37 WIB

5 Keluhan Pembaca detikHealth Soal Kebiasaan Ngupil di Tempat Umum

- detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Kebiasaan ngupil bukan hanya tidak sehat, tapi juga mengganggu kenyamanan bersama, terutama jika dilakukan di tempat umum. Survei pembaca detikHealth menunjukkan, mayoritas merasa paling tidak nyaman saat upil dibuang sembarangan.

Bagi sebagian orang, membersihkan upil atau lendir pernapasan yang mengering memang memberikan keasyikan tersendiri. Padahal sebenarnya, rongga hidung yang selalu berupil bisa menandakan adanya masalah kesehatan.

"Kalau rongga hidung ada radang, misalnya pada beberapa orang ada yang punya alergi, maka lendir akan lebih mudah terbentuk dan saat kering akan jadi upil," kata seorang praktisi kesehatan dari RS Puri Indah, Dr Agus Subagio, SpTHT.

Baca juga: Jangan Bangga, Dapat Banyak Upil Itu Artinya Tidak Sehat

Tidak salah jika para pembaca detikHealth khawatir kotoran hidung tersebut akan menularkan kuman dari saluran pernapasan. Survei kecil di twitter menempatkan kebiasaan membuang upil sembarangan sebagai hal yang paling menyebalkan dari seseorang yang hobi ngupil di tempat umum.

Selengkapnya, berikut ini 5 hal yang paling banyak dikeluhkan pembaca detikHealth terkait kebiasaan ngupil sembarangan, seperti ditulis Kamis (5/2/2015).

(up/up)