Selasa, 03 Nov 2015 15:15 WIB

Badan Baru Terasa Sakit Dua Hari Setelah Fitness? Ini Penjelasan Pakar

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Bagi yang baru melakukan fitness, rasa sakit di badan baru akan terasa setelah dua atau tiga hari. Kenapa begitu?

Pakar kinesiologi dari Fresno State University, Prof Scott Sailor mengatakan hal ini umum terjadi pada orang yang baru melakukan olahraga ataupun berolahraga terlalu keras. Dalam istilah medis, rasa sakit yang muncul di otot dua atau tiga hari setelah olahraga disebut sebagai delayed onset muscle soreness atau DOMS.

"Tidak hanya terasa nyeri, otot-otot yang Anda gunakan juga akan terasa seperti kehilangan kekuatan dan gerakannya pun terbatas," tutur Prof Sailor yang juga presiden di National Athletic Trainers' Association Amerika Serikat ini.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Otot

Dijelaskan Prof Sailor, DOMS biasanya terjadi ketika otot yang sedang kontraksi akhirnya tertarik. Jika dilakukan berulang, maka akan muncul sobekan kecil dan halus di otot yang membuatnya terluka.

Uniknya, penanganan yang terjadi dalam tubuh ternyata tidak sama ketika otot luka atau terasa sakit karena memar dan trauma. Belum jelas di mana perbedaan yang dimaksud, namun Prof Sailor meyakini kalau sel dan mekanisme penyembuhannya berbeda dengan mekanisme penyembuhan ketika otot sakit karena trauma atau memar.

"Yang bisa dipastikan adalah setelah rasa sakit itu selesai, otot Anda akan lebih kuat," paparnya, dikutip dari NY Times, Selasa (3/11/2015).

Prof Sailor mengakui bahwa orang yang mengalami DOMS biasanya akan mengompres daerah yang terasa sakit dengan es, memijat, hingga meminum obat penahan rasa sakit. Menurut Prof Sailor, hal ini akan mengurangi rasa sakit namun bisa memperpanjang masa sakit.

"Karena itu menurut saya sebaiknya otot yang terasa sakit karena DOMS didiamkan saja. Memang badan akan terasa sakit dan tak nyaman selama 5-7 hari namun Anda tetap bisa beraktivitas," pungkasnya.

Baca juga: Pesan Dokter: Saat Keseleo Jangan Dipijit

(mrs/up)
News Feed