Minggu, 29 Nov 2015 16:24 WIB

Bersin Kuat-kuat Dianggap Membanggakan, Malunya Kalau Sampai Keluar Lendir

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Sebuah penelitian mengungkap sisi lain dari bersin. Sebagian orang merasa bangga saat bisa bersin kuat dengan suara meledak-ledak. Hatcchiii..!

Menurut penelitian survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang di Inggris ini, 52 persen responden mengaku bangga dan puas jika bisa bersin kuat-kuat. Namun dengan catatan, mereka bersin di area privat, bukan di tempat umum.

Sebanyak 94 persen responden bahkan mengaku akan bersin sekuatnya saat dirinya yakin tidak ada orang lain yang mendengarkan. Di sisi lain, bersih juga bisa membuat seseorang merasa kehilangan muka. Sebanyak 20 persen responden mengaku malu saat kelepasan bersin terlalu kuat.

Sebanyak 15 persen lainnya mengaku akan memberi tahu orang lain yang bersin sampai keluar lendir, tak peduli apakah mereka akan malu atau cuek-cuek saja. Demikian dikutip dari Femalefirst, Minggu (29/11/2015).

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Apa yang Terjadi Ketika Seseorang Bersin 

Menurut para ilmuwan dari Olbas Max Strength yang melakukan penelitian ini, dalam beberapa kesempatan orang punya kecenderungan untuk menahan bersin. Sebanyak 16 persen responden menahan bersin saat makan, 10 persen saat berhubungan seks, 6 persen saat menggunakan make-up, dan 6 persen saat meeting di kantor.

Terkait gaya bersin, penelitian ini juga mengungkap sejumlah fakta yang tak kalah unik. Sebanyak 28 persen mengaku sering bersin berkali-kali secara berurutan, sedangkan 11 persen menganggap gaya mereka saat bersin cukup lucu dan mengagumkan.

Namun tidak semua temuan dalam penelitian ini bisa dibilang lucu. Sebanyak 36 persen responden menganggap bersin saat mengemudi sebagai pengalaman paling buruk. Dampaknya, 7 persen populasi pernah mengalami kecelakaan lalu lintas gara-gara bersin saat mengemudi. Waduh!

Baca juga: Ribuan Kecelakaan di Inggris Terjadi Gara-gara Bersin Saat Mengemudi  (up/up)