ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Jan 2016 11:00 WIB

Takut Operasi dan Mau Berobat ke Alternatif? Sah-sah Saja, Tapi Harus Hati-hati

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Klaim tempat pengobatan bisa mengatasi sakit tertantu tanpa operasi menbuat orang-orang terpikat. Tapi hati-hati saat memilih pengobatan alternatif. Harus jeli dan teliti.

Jangan hanya karena lokasi berada di tempat elite dan memasang ahli pengobatan dari luar negeri membuat kewaspadaan melonggar. Karena tidak selamanya yang berbau 'Barat' itu semua baik dan tepat.

"Ya itu promosi saja (klaim menghilangkan sakit tanpa operasi). Biasanya kan yang non-medis, yang alternatif begitu. Maka itu harus pintar memilih," saran spesialis ortopedi dari RS Hasan Sadikin Bandung, dr Ahmad Ramdan, SpOT (K) dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Izin-izin Ini Wajib Dimiliki Tempat Chiropractic yang Resmi

Sebagai konsumen, tidak ada salahnya mengecek izin operasi tempat pengobatan yang akan dipilih. Ada baiknya cari juga rekam jejak si pengobat. "Lihat ada izin tidak, ada semacam akreditasi tidak (di latar belakang si pengobat), berkompeten atau tidak. Hati-hati intinya," imbuh dr Ahmad.

dr Ahmad mengamini ada beberapa orang yang takut operasi, misalnya saat ditemukan masalah di tulang belakangnya. Dokter sudah merujuk operasi, namun karena klaim ada penyembuhan tanpa operasi membuat pasien berpaling. Selain itu ada ketakutan operasi yang dijalani justru berisiko memunculkan masalah baru, gangguan motorik, misalnya.

"Kalau berbicara risiko, semua pasti ada risikonya. Semua risiko ini harus diterangkan ke pasien. Dengan kecanggihan teknologi, diupayakan mengurangi risiko yang ada. Sekarang alat-alat medis sudah canggih," tambah dr Ahmad.

"Kalau bicara chiropractic, di kedokteran guide line-nya tidak ada. Karena itu pengobatan alternatif, seperti pengobatan herbal juga. Dokter kemudian merujuk untuk itu (ke pengobatan chiropractic), nggak ada," imbuhnya.

Baca juga: IDI: dr Randall Tak Lakukan Malpraktik Tapi Tindakan Kriminal

(vit/ajg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT