Selasa, 01 Mar 2016 09:09 WIB

Ini Jadinya Kalau Udel Tak Pernah Dibersihkan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Dalam sebuah video yang beredar di internet baru-baru ini, sebutir batu kecil kehitaman diambil dari udel atau pusar seorang pria. Batu tersebut terbentuk akibat udel jarang dibersihkan.

Video menyeramkan ini menunjukkan seorang wanita berusaha membersihkan udel pasangannya. Dengan menggunakan sepasang pinset, ia mengeluarkan massa berwarna kehitaman. Massa seperti batu tersebut kemudian diletakkan di perut.

"Oh Tuhanku, itu sangat menjijikkan! Apa itu?" kata wanita tersebut, dikutip dari Mirror, Selasa (1/3/2016).

Diunggah di situs Youtube oleh Heather Price, video tertanggal 8 Februari tersebut telah dilihat oleh ribuan pengunjung.

Baca juga: Yakin, Anda Sudah Mengenal si Kecil Udel dengan Baik?

Batu di pusar atau navel stone dikenal juga dengan istilah omphaloith atau umboilth. Penyebabnya adalah penumpukan berbagai material seperti sebum dan keratin yang teroksidasi menjadi bongkahan hitam dan padat.

"Bagi banyak orang, hubungan langsung antara kebersihan personal telah ditunjukkan: omphaloith terjadi pada orang-orang yang mengabaikan kebersihan, atau tidak bisa membersihkan secara teratur," tulis The Dermatologist.

Umumnya, batu semacam ini tidak menyebabkan masalah. Namun dalam kondisi tertentu, bisa saja terinfeksi atau mengalami radang tanpa ketahuan hingga bertahun-tahun.

Baca juga: Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Pusar (up/up)