Rabu, 11 Mei 2016 12:32 WIB

Tinggalkan TTS, Ambil Matras! Yoga Terbukti Lebih Ampuh Menangkal Pikun

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mengisi TTS (teka-teki silang) banyak dijadikan pilihan untuk menjaga fungsi kognitif otak. Penelitian terbaru membuktikan ada cara lain yang lebih efektif mencegah pikun, yakni melakukan yoga.

Ini terbukti dalam sebuah eksperimen yang melibatkan 25 orang dewasa berusia 55 tahun ke atas, yang mengidap gangguan kognitif ringan. Gangguan semacam ini sering dikaitkan dengan salah satu jenis pikun, yakni penyakit Alzheimer.

Para relawan dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok menjalani kelas yoga dan meditasi selama 3 bulan, sedangkan kelompok yang satu lagi melakukan berbagai macam 'senam otak'. Salah satunya dengan permainan mengingat wajah, dan mengasosiasikannya dengan kata atau gambar tertentu.

Pada akhir eksperimen, kedua kelompok sama-sama mengalami peningkatan pada memori verbal, yakni memori yang dipakai untuk mengingat nama dan kata. Namun pada memori visual-spasial, relawan dari kelompok yang menjalani kelas yoga mengalami peningkatan yang lebih signifikan.

Memori visual-spasial berfungsi dalam mengingat-ingat lokasi serta navigasi saat mengemudi.

Baca juga: Yuk Cek Kesehatan Otak dengan Melakukan Tes Fungsi Otak

Relawan dari kelompok yang menjalani kelas yoga juga mengalami lebih banyak penurunan pada gejala depresi dan kegelisahan, dibandingkan kelompok senam otak.

"Secara historis dan anekdotal, yoga dianggap bermanfaat dalam penuaan, tapi ini adalah demonstrasi ilmiah dari manfaat tersebut," kata Harris Eyre dari University of Adelaide yang melakukan penelitian tersebut, seperti dikutip dari Livescience, Rabu (11/6/2016).

Baca juga: Buta Arah Mungkin Bisa Jadi Petunjuk Pikun (up/vit)