Kamis, 26 Mei 2016 14:05 WIB

Cemas Dikit Jangan Langsung Minum Obat, Atasi dengan 5 Trik Simpel Ini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Saat cemas berlebihan datang, hindari langsung minum obat. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu melatih diri tetap tenang.

Dengan begitu, Anda akan lebih siap menghadapi hari-hari, tanpa perlu bergantung dengan obat-obatan. Demikian disampaikan oleh pakar kesehatan jiwa Dr Peter Cohen.

Nah, apa saja cara-cara alami tanpa obat yang bisa dilakukan untuk mengatasi cemas berlebih? Berikut daftarnya, seperti dirangkum detikHealth dari Newsmax Health pada Kamis (26/5/2016):

Baca juga: Trauma Bersalin, Ibu Ini Fobia Keluar Rumah 6 Minggu Pasca Melahirkan

1. Minum teh
Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam chamomile dan teh hijau memiliki efek menenangkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dianjurkan untuk meminum minuman tersebut dalam kondisi hangat atau panas.

2. Manfaatkan aromaterapi
Beberapa minyak esensial seperti lavender, mawar, dan akar wangi, sangat baik untuk menenangkan mental dan pikiran seseorang. Sediakan minyakk esensial ini di tas agar Anda bisa menggosoknya di lengan dan menghirup wangi aromaterapinya kapan saja.

3. Jalan-jalan ke taman
Berjalan-jalan di taman dan menghirup udara segar merupakan cara terbaik untuk membuat pikiran Anda tetap tenang. Para peneliti mengatakan bahwa menikmati alam dan mendengar kicau burung dapat menurunkan hormon stres.

4. Olahraga
Sediakan waktu khusus untuk rutin latihan karena ini merupakan cara paling mudah dan sederhana untuk mengatasi stres. Menurut Anxiety and Depression Association of America, rutin aerobik terbukti dapat menurunkan ketegangan, menstabilkan suasana hati, dan memperbaiki kualitas tidur.

5. Tarik napas dalam
Kuncinya adalah untuk fokus pada setiap napas, sehingga secara alami bernapas dapat mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang mungkin menyebabkan cemas berlebih datang kecemasan. Ambil napas melalui hidung selama empat hitungan, lalu keluarkan melalui hidung selama empat hitungan juga. Ulangi sampai kecemasan menghilang.

Baca juga: Ragam Cara Agar Tidak Takut Saat Harus Bertemu Dokter Gigi

(ajg/up)