Rabu, 10 Agu 2016 20:02 WIB

Bukan Cuma Tanda Kurang Tidur, 'Mata Panda' Juga Bisa Jadi Gejala Penyakit

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Mata panda atau lingkar hitam di bawah mata biasanya identik sebagai pertanda bahwa si empunya kurang tidur. Namun nyatanya ada beberapa faktor lain yang juga bisa menimbulkan kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, penting juga untuk Anda ketahui bahwa lingkar hitam di bawah mata juga bisa muncul akibat penyakit tertentu. Apa saja?

Salah satunya disampaikan oleh dokter spesialis mata dari RS Puri Indah Pondok Indah, dr Siti F.S Rahmadhani, SpM. Menurutnya, selain disebabkan oleh kurang tidur, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa menjadi tanda alergi atopik atau genetik.

"Kalau disebabkan oleh kurang tidur, lingkaran hitam di bawah mata ini bisa dikompres dengan air es. Tapi kalau karena alergi, maka sebenarnya agak sulit untuk dihilangkan," ujarnya kepada detikHealth.

Baca juga: Sama Baiknya dengan Wortel, Buah Anggur Bisa Mencegah Kebutaan

Pada dasarnya, manusia memiliki pembuluh darah kecil seperti jaring laba-laba di bawah kulit. Pembuluh kapiler ini sangat halus sehingga sel darah harus 'antre' untuk melewatinya.

Dalam beberapa proses, sebagian dari mereka 'bocor'. Nah, untuk mengatasi kebocoran tersebut, enzim-enzim diciptakan dan membuat sel darah merah menghitam. Tipisnya kulitnya di sekitar mata membuat lingkar hitam lebih mudah terlihat di area tersebut. Demikian dikutip dari Times of India pada Rabu (10/8/2016).

Beberapa penyebab lain munculnya lingkar hitam di bawah mata antara lain penuaan, yang membuat menipisnya kulit di sekitar mata dan pembuluh darah lebih menonjol. Pemilihan menu makanan yang kurang bergizi juga bisa menimbulkan lingkar hitam di bawah mata, misalnya kekurangan vitamin A, C, K, E dan nutrisi lain.

Begitu juga dengan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan. Paparan sinar matahari menarik pigmentasi permukaan kulit dan efeknya lingkaran hitam di bawah mata pun muncul.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan terhadap alergi, alergi mungkin menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Kulit di bawah mata adalah yang paling lentur dan inilah sebabnya jika Anda alergi, bagian ini yang paling terlihat jelas.

Baca juga: Masih Kecil Sudah Pakai Kacamata, Apa Sebabnya Ya?


(ajg/vit)