Senin, 07 Nov 2016 10:30 WIB

Ibu Bekerja Ingin Hasilkan ASI 3 Liter dalam Sehari? Yuk Simak Kiat Fero

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Puti/ detikHealth
Jakarta - Bisa menghasilkan air susu ibu (ASI) perah yang mencukupi bahkan lebih bukan hal yang mudah bagi ibu bekerja. Namun, dengan berbekal semangat bisa memberi ASI untuk buah hatinya, Ferosiana Pamungkas bisa memerah ASI sampai 3 liter dalam satu hari.

"Anak saya ada 3, laki-laki semua. Ketiganya saya berikan ASI," tutur Fero dalam acara BreastFeeding Fair 2016 'GenerASI Merah Putih' di Summarecon Digital Center-Scientia Square Park, Serpong, Tangerang, Sabtu (5/11/2016).

Fero mengatakan setiap harinya ia mampu memerah ASI sebanyak 3 liter. "Saya bisa katakan 3 liter karena dalam sehari saya memerah 2-3 jam sekali dan sekali memerah (hasilnya) bisa melebihi 1 botol 600 ml," ucapnya.

Lantas, apa kunci Fero bisa menghasilkan ASI perah sampai 3 liter sehari? Menurut dia, jangan stres dan suasana hati harus happy supaya ASI perah yang dihasilkan banyak. Bagi Fero, konsumso makanan yang sedikit manis juga dirasa bisa membantu merangsang produksi ASI lebih banyak.

Tak lupa, Fero juga rutin mengonsumsi sayuran seperti kangkung dan bayam. Kemudian. Wanita yang bekerja sebagak penyusun SIG (Sistem Informasi Geografi) Direktorat Wilayah Pertahanan Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditwilhan Ditjen Strahan ) Kementerian Pertahanan RI ini juga selalu menyusui sang anak tiap ada kesempatan.

Baca juga: Hebat! Ibu Ini Sumbang 58 Liter ASI untuk Bayi Prematur yang Membutuhkan

Dalam memberi ASI untuk buah hatinya, memang tak ada kendala serius bagi Fero. Meski kadang, ia agak kesulitan melakukan aktivitas lain, misalnya makan. "Anak selalu nempel (minta ASI) jadi kadang saya tidak memiliki kesempatan untuk makan. Saya pun makan tengah malam," kata Fero.

Memiliki ASI yang berlimpah juga membuat Fero mendonorkan ASI. Saat menyusui anak pertama, ia mendonorkan ASI untuk 3 anak laki-laki. Sementara, saat menyusui anak keduanya, Fero mendonorkan ASI untuk 5 anak laki-laki.

"Sekarang anak ketiga cuma mendonorkan ASI ke 1 anak aja. Mungkin karena faktor umur juga," terang Fero.

Baca juga: Risiko Sering Perah ASI untuk Didonorkan Saat Bayi Sudah Jarang Menyusu



(rdn/vit)