Kamis, 24 Nov 2016 07:21 WIB

Hap, hap! Selain Seru, Lompat Trampolin Juga Termasuk Olahraga Menyehatkan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ajeng Annastasia Kinanti
Jakarta - Lompat-lompat trampolin selama ini lebih identik sebagai permainan anak-anak. Namun rupanya aktivitas ini juga bermanfaat bagi orang dewasa.

Ya, latihan trampolin dikatakan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga RS Jakarta, dr Grace Tumbelaka, SpKO, merupakan gerakan melambung sederhana yang memberikan efek kardio.

"Latihan trampolin memberikan efek kardio yang low impact. Ini artinya dia memberikan stres yang kecil terhadap persendian kita, terutama di bagian lutut. Hal ini pun meminimalkan risiko cedera," ujar dr Grace dalam diskusi media bersama Jumped: Trampoline Fit Club 'Bincang-bincang Santai Trampolin dan Manfaatnya' yang diadakan di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang, Rabu (23/11/2016).

Selain latihan kardio, lompat-lompat di trampolin juga melatih sistem keseimbangan dan sifatnya menyenangkan. Oleh sebab itu, latihan trampolin dikatakan oleh dr Grace termasuk sebagai olahraga dengan manfaat lengkap.

Baca juga: Bisa Ditiru Nih, Macam-macam Olahraga di Kantor Ala Pembaca detikHealth

"Latihan ini dapat memperbaiki sirkulasi pembuluh darah dan sirkulasi limfatik, sehingga meningkatkan detoksifikasi dan memperbaiki sistem imun. Efeknya, risiko inflamasi pun menurun dan mencegah penuaan dini," imbuh dr Grace.

Jika dilakukan secara teratur, manfaat yang didapatkan dari latihan trampolin dikatakan oleh dr Grace menjadi lebih besar. "Trampolin juga sering digunakan sebagai latihan rehabilitasi cedera, terutama cedera sendi," sambungnya.

Yang terpenting, latihan trampolin harus dilakukan dengan memerhatikan faktor keselamatan atau safety. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan net trampolin secara bersamaan dengan orang lain. Selain itu, untuk anak-anak sebaiknya latihan ini dilakukan pada mereka yang sudah berusia di atas 6 tahun.

Baca juga: Aktif Bergerak Selama Bekerja Terbukti Bisa Tingkatkan Mood dan Energi

(ajg/vit)