Senin, 20 Feb 2017 11:10 WIB

Bill Gates Khawatirkan Kemunculan Patogen Berbahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto ilustrasi: Getty Images Foto ilustrasi: Getty Images
Jakarta - Ancaman penyakit infeksi oleh patogen-patogen berbahaya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pendiri Microsoft, Bill Gates. Berbicara dalam konferensi Munich Security Gates memperingatkan bahwa dunia harus siap bila suatu saat muncul patogen yang dapat menghilangkan banyak nyawa dalam waktu singkat.

Sebagai contoh dunia sempat Heboh ketika virus Ebola mewabah di Afrika Barat pada tahun 2014 dan membunuh lebih dari 11.300 orang. Gates mengatakan patogen seperti Ebola yang menyebar lewat udara terutama yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Mutasi Bikin Virus Ebola 4 Kali Lebih Mudah Menginfeksi

"Apakah penyebaran penyakit ini terjadi secara alamiah atau karena serangan teroris, ahli epidemiologi memperkirakan bahwa patogen yang menyebar lewat sistem pernapasan bisa membunuh lebih dari 30 juta orang dalam waktu kurang dari setahun," kata Gates seperti dikutip dari BBC, Senin (20/2/2017).

"Mungkin sulit bagi kita untuk membayangkan musibah sebesar itu bisa terjadi, namun sebetulnya sudah pernah terjadi," lanjut Gates.

Pada tahun 1918 satu jenis virus influenza yang sangat mematikan bernama Flu Spanyol tercatat berhasil membunuh lebih dari 15 juta orang. Jumlah tersebut menurut Gates lebih parah dari jumlah korban perang dunia satu.

Gates mengimbau masyarakat dunia jangan terlena terhadap kenyataan bahwa sejak saat itu tidak ada lagi penyakit seserius flu spanyol. Bahkan wabah yang berskala lebih kecil seperti Ebola dampaknya di dunia modern tetap luas.

"Bahkan bila epedemi berikutnya tidak sebesar tahun 1918, kita harus membayangkan dampak guncangan ekonomi yang bisa ditimbulkan oleh epidemi berskala kecil," pungkasnya.

Baca juga: Virus Flu Burung Langka Jangkiti Kucing di New York (fds/vit)
News Feed