Selasa, 30 Mei 2017 15:10 WIB

Waspada Obat 'Pelancar Haid' yang Beredar Secara Online

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Hingga saat ini masih ditemukan toko-toko online yang menjual berbagai macam obat secara bebas. Masyarakat diharap berhati-hati karena bisa jadi beberapa obat tersebut berbahaya tak aman untuk dikonsumsi.

Sebagai contoh ada obat-obat yang diklaim dapat melancarkan haid. dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD, yang akrab disapa dr Koko dari Badan Data dan Informasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan obat semacam itu perlu resep dokter dan bila tak diawasi penggunaannya memiliki efek samping berbahaya.

Waspada Obat 'Pelancar Haid' yang Beredar Secara OnlineContoh iklan obat 'pelancar haid' di media sosial. (Foto: ist)


Baca juga: Pesan Dokter: Jangan Sembarangan Beli Obat di Situs Online

"Dulu obat itu biasa digunakan untuk melancarkan persalinan. Tapi obat itu sudah jarang banget dipakai. Bisa keguguran," kata dr Koko pada detikHealth dan ditulis Selasa (30/5/2017).

Dalam sebuah rilis berita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI diketahui beberapa jenis obat 'pelancar haid' tersebut sebetulnya adalah obat untuk tukak lambung, hiperglikemi, dan hiperkortisol. Hanya saja dalam praktiknya obat disalahgunakan dipakai di luar indikasi.

"Badan POM sejak tahun 2011 telah rutin berpartisipasi dalam Operasi Pangea yang dikoordinasikan oleh ICPO INTERPOL Lyon sebagai salah satu upaya pemberantasan obat ilegal termasuk palsu yang diiklankan di media internet."

"Kepada masyarakat dihimbau untuk tidak membeli dan mengonsumsi obat yang dijual secara online karena tidak diketahui kepastian asal usul obat yang dijual tersebut," tulis BPOM.

Baca juga: Doyan Beli Obat Online yang Murah, Nyawa Bisa Jadi Taruhannya (fds/up)