Senin, 03 Jul 2017 15:35 WIB

Diduga Keracunan Air Radiator, Urine Pria Ini Menyala Biru Kehijauan

Firdaus Anwar - detikHealth
Urine seorang pria menyala terang, diduga karena keracunan air radiator. (Foto: BMJ Case Reports) Urine seorang pria menyala terang, diduga karena keracunan air radiator. (Foto: BMJ Case Reports)
Jakarta - Seorang pria berusia 48 tahun dari Texas, Amerika Serikat, dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports mengalami kasus yang tak biasa. Ia dilarikan ke rumah sakit (RS) dengan keluhan muntah-muntah, nyeri perut, tekanan darah rendah, dan yang menarik urinenya menyala terang biru kehijauan.

Dokter yang memeriksa mengatakan kondisi sang pria saat pertama kali masuk rumah sakit dalam kondisi kebingungan dan sulit kooperatif. Akhirnya setelah tim melakukan pemeriksaan mulut dan urine terkonfirmasi bahwa sang pria keracunan etilen glikol.

Baca juga: Kondom 'Pintar', Bisa Berpendar Bila Pasangan Idap Penyakit Seksual

Etilen glikol adalah senyawa aktif yang umum digunakan pada produk-produk cairan antibeku. Diduga sang pria tak sengaja mengonsumsi etilen glikol lewat cairan radiator karena memang bahan pewarna sering ditambahkan untuk mempermudah mendeteksi kebocoran.

"Oleh karena itu urine yang berpendar membantu kami mendiagnosanya mengalami keracunan etilen glikol," tulis dokter dalam laporan seperti dikutip dari BMJ Case Reports, Senin (3/7/2017).

Ketika seseorang keracunan etilen glikol, tubuhnya akan memproduksi asam berlebih dan kerja ginjal jadi melambat. Bila dibiarkan dampaknya dapat menyebabkan kerusakan otak, gagal ginjal, bahkan hingga kematian.

Urinenya yang berpendar membantu dokter mendiagnosa penyebab keluhan yang dialami oleh sang pria.Urinenya yang berpendar membantu dokter mendiagnosa penyebab keluhan yang dialami oleh sang pria. Foto: BMJ Case Reports


Pada kasus sang pria ia beruntung bisa segera mendapatkan pertolongan medis. Setelah dirawat selama empat hari dibantu konsumsi obat-obatan dirinya dilaporkan bisa pulih dan kembali pulang.

Dalam laporan dokter mengingatkan bahwa kasus urine berpendar sebenarnya bisa terjadi tak hanya ketika keracunan etilen glikol saja. Ada juga beberapa bahan makanan, obat-obatan, dan senyawa beracun lainnya yang dapat membuat urine berpendar.

Baca juga: Penyebab Kencing Berdarah (fds/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya