Rabu, 12 Jul 2017 15:32 WIB

Kenali Berbagai Penyebab Sakit Pinggang

Firdaus Anwar - detikHealth
Hampir semua orang pernah mengalami keluhan sakit pinggang (Foto: iStock)
Jakarta - Sakit pinggang atau low back pain merupakan kondisi umum yang bisa terjadi pada semua orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam dan tergantung dari sumber masalah keluhan sakit pinggang ini sebagian besar bisa reda sendiri.

Hal ini dijelaskan oleh Dr dr Luthfi Gatam, SpOT (K), karena sekitar 98 persen kasus nyeri pinggang terjadi akibat masalah tulang belakang (spondylogenic). Apakah karena cedera mengangkat beban terlalu berat, gerakan yang tiba-tiba, atau karena faktor usia tubuh dapat berusaha memperbaiki diri tergantung dari tingkat cederanya.

"Jadi sebetulnya back pain itu semua orang bisa kena. Teman-teman semua atau yang lebih dari 60 kilo ke atas pasti dalam hidupnya pernah kena back pain," kata dr Luthfi dalam temu media di hotel Oak Tree Urban, Mahakam, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2017).

Baca juga: Kalau Nyeri Pinggang Seperti Ini, Waspada Saraf Kejepit

Namun ada juga kasus di mana cedera tulang belakang yang terjadi lebih serius. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri pinggang yang tak kunjung reda dan semakin lama nyeri merambat turun ke kaki.

Menurut dr Luthfi kalau sudah demikian kemungkinan ada saraf tulang belajang yang terjepit. Operasi dibutuhkan untuk bisa segera melepaskan saraf.

"Apakah karena tulang, ligamen, atau bantalan yang hancur harus dibebaskan karena kalau tidak lama-lama si saraf akan mati. Kita akan kehilangan rasa dan kekuatan untuk menggerakkan kaki-kaki kita," ujar dokter yang sehari-hari praktik di RS Premier Bintaro ini.

Baca juga: Ini Bedanya Nyeri Pinggang Akibat Sakit Ginjal dengan Sebab Lain

Nah sekitar dua persen penyebab nyeri pinggang yang lain disebut dr Luthfi bisa karena faktor mulai dari masalah pada organ dalam hingga masalah psikis.

"Bisa dari ginjal, rahim, empedu, atau dari pembuluh darah karena sering kali kita lihat orang tua pembuluh darahnya sudah kaku tersumbat menyebabkan nyeri. Ada juga yang kita sebut dengan psikogenik karena orang merasa takut atau depresi ototnya lama-lama spasme oksigen berkurang hingga akhirnya cedera," pungkas dr Luthfi.

Baca juga: Anyang-anyangan Disertai Sakit Pinggang, Waspada Kencing Batu

(fds/up)