Kamis, 27 Jul 2017 16:48 WIB

Bangun Tidur Siang Malah Makin Lelah, Kenapa Ya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tidur siang tapi makin terasa lelah. Foto: Thinkstock
Jakarta -
Pada jam istirahat siang, ada beberapa orang yang memilih untuk menggunakan waktu tersebut untuk tidur siang. Apalagi, usai makan siang biasanya mata semakin mudah untuk dipejamkan. Tapi kadang, bukannya rasa segar yang didapatkan saat terbangun tapi justru rasa lelah yang semakin menjadi. Apa penyebabnya?

Dihubungi detikHealth, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT menuturkan hal ini tergantung dari kualitas tidur yang didapatkan seseorang sebelumnya.

"Ya tergantung, dia tidur berapa lama. Rata-rata kalau tidur siang rasanya nggak keruan, ya berarti masih kurang tidurnya," ungkap dokter yang akrab disapa dr Ade ini.

Baca Juga: Jangan Ragu, Ini Manfaat Sehat Tidur Singkat di Siang Hari

Dikatakan olehnya, beberapa orang ada yang selalu memiliki jam tidur yang kurang dari seharusnya, sehingga ia memiliki 'hutang' tidur. Sebagai contoh adalah orang yang bekerja seharian hingga hanya bisa beristirahat 3-4 jam setiap harinya.

Di samping itu, tidak merasa mengantuk di siang hari sebenarnya adalah salah satu indikator bahwa seseorang sudah mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik. "Makanya penting tidur cukup saat malamnya," pungkasnya.

Baca juga: Tren Foto Pejabat Tidur Jadi Viral, Pekerja Keras atau Hipersomnia?

(up/up)