Kamis, 03 Agu 2017 07:39 WIB

Punya Kerabat Pengguna Narkoba? Begini yang Sebaiknya Anda Lakukan

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Pentingnya ngobrol dengan kerabat pengguna narkoba. Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta - Setiap orang tentu rentan menggunakan narkoba, termasuk para kerabat. Nah, sebelum terlambat ada hal yang bisa Anda lakukan.

Menurut Alexandra Gabriella MPsi Psi Cht, ketika memiliki kenalan atau kerabat yang menggunakan narkoba, Anda dapat mengajak pengguna narkoba untuk bicara baik-baik. Namun, sebelum melakukan itu perlu melakukan observasi terlebih dahulu apakah pengguna sudah sangat terpengaruh narkoba atau belum.

Pasalnya seseorang yang sudah sangat terpengaruh oleh narkoba dikatan Alexa tidak akan sedikit pun peduli dengan lingkungan di sekitar.

"Kalau belum sangat terpengaruh, bisa diajak ngomong baik-baik. Jangan langsung pure dilarang seperti 'Stop, kamu nggak boleh pakai ini' karena bisa membuat dia makin ingin menggunakannya," ucap Alexa saat dihubungi detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Fakta Penggunaan Narkoba untuk Diet seperti Diakui Pedangdut Ridho Rhoma

Lebih lanjut, untuk pengguna narkoba yang masih terkontrol, maka Alexa mencontohnya untuk mengajak pengguna narkoba ngobrol atau bertukar pikiran, seperti 'apa sih yang kamu cari? Apa yang kamu nggak dapet doi rumah sehingga pakai narkoba? Pertimbangkan risiko kalau kamu pakai narkoba, kalau lebih besar risikonya apakah bagus?'.

Selain itu, pengguna narkoba sebaiknya ditanya 'Bagaimana cara atau apa sulitnya meninggalkan narkoba?'. Karena biasanya masyarakat awam tidak paham masalah yang terjadi pada seorang pecandu.

"Dan kalau sudah benar-benar terpengaruh seperti tidak peduli lingkungan dan menjual barang-barang maka kita harus bilang 'stop, jangan!' dan harus dibawa rehabilitasi," pungkas Alexa.

Baca juga: Hanya karena Menyeka Narkoba dari Bajunya, Polisi Ini Ambruk

(wdw/up)