Senin, 04 Sep 2017 16:40 WIB

Ingin Otot Kuat Hingga Tua? Konsumsilah Protein Tiga Kali Sehari

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Agus Setyadi/detikcom
Jakarta - Semakin bertambah usia kekuatan tubuh juga akan melemah, mulai dari tulang hingga otot. Tapi itu bisa dicegah asal giat menjaganya sejak usia muda. Salah satu rahasianya adalah mengonsumsi protein dalam tiga kali sehari yang dapat membangun massa dan kekuatan otot lebih besar.

Penelitian yang dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition menyebut kebanyakan manula mengonsumsi sebagian besar asupan protein harian saat makan siang dan makan malam saja. Padahal, dianjurkan pula mengonsumsi makanan kaya protein saat sarapan.

"Kami ingin melihat apakah orang-orang yang menambahkan sumber protein untuk sarapan dan asupan proteinnya seimbang melalui tiga kali makan, memiliki kekuatan otot lebih besar," kata Stephanie Chevalier, Asisten Profesor di McGill University, Kanada, demikian seperti dilansir dari Indian Express.

Baca juga: Ini yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kekurangan Protein

Untuk itu, tim peneliti memeriksa jumlah protein yang dikonsumsi pada mereka yang berusia 67 ke atas dan melibatkan hampir 1.800 orang selama tiga tahun.

Mereka meninjau kembali pola konsumsi protein dari 827 pria sehat dan 914 wanita sehat berusia 67 sampai 84 tahun di Quebec, Kanada.

Para penelit menemukan bahwa, baik pria maupun wanita yang mengonsumsi protein secara seimbang sepanjang hari memiliki kekuatan otot lebih banyak daripada mereka yang mengonsumsi saat makan malam dan saat sarapan.

Baca juga: Bantu Perut Jadi Rata, Ini Sumber Protein yang Dianjurkan Pakar Diet

(hrn/up)