Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Bantu Perut Jadi Rata, Ini Sumber Protein yang Dianjurkan Pakar Diet

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 18/03/2017 14:09 WIB
Bantu Perut Jadi Rata, Ini Sumber Protein yang Dianjurkan Pakar DietFoto: iStock
Jakarta, Selain olahraga, konsumsi nutrisi yang tepat merupakan hal yang tak boleh dilupakan saat Anda ingin melatih otot, termasuk otot perut. Salah satu nutrisi yang penting adalah protein.

Namun demikian, Anda perlu memilih sumber protein yang tepat agar manfaatnya maksimal. Tak melulu harus dengan suplemen, sumber protein alami juga banyak yang sangat baik dan dianjurkan oleh pakar diet.

Nutrisionis sekaligus pakar kesehatan dari National Health Service (NHS) Newcastle, Steven Brown, menjelaskan bahwa sumber protein tak melulu hanya dari daging-dagingan saja seperti yang kebanyakan orang tahu. Ada begitu banyak bahan makanan lainnya yang juga kaya akan kandungan protein.

Baca juga: Pasien Kanker Payudara Tak Boleh Makan Daging? Ini Kata Dokter

Ia mencontohkan, salah satunya adalah selai kacang. Dibandingkan mengoleskan roti dengan selai buah yang umumnya mengandung gula untuk sarapan, Anda lebih dianjurkan untuk menggunakan selai kacang.

"Selain itu, jika Anda sangat menyukai yoghurt, Anda juga bisa mengganti yoghurt biasa dengan jenis yoghurt Greek. Yoghurt ini berisi protein dua kali lebih banyak. Kombinasikan dengan madu atau buah potong segar seperti raspberry dan blueberry untuk hasil terbaiknya," imbuh Brown.

Untuk sarapan pun, ekstra protein bisa Anda dapatkan dengan memilih menu telur. Menurut Brown, telur merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Selain membantu Anda memberi asupan pada otot, sarapan menu telur juga membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk mengolahnya, telur lebih baik direbus daripada digoreng.

Jika lapar di tengah waktu makan, Anda bisa memilih camilan yang kaya akan protein seperti edamame. Seporsi edamame yang setara dengan cangkir kecil, memiliki rata-rata 17 gram protein. Nilai plusnya, edamame juga memiliki kalori yang sedikit.

"Bagi Anda yang hobi makan sayuran, Anda bisa memilih brokoli. Brokoli memiliki protein yang cukup tinggi," sambungnya.

Baca juga: Sarapan Smoothie Demi Tubuh Langsing, Sehat Tidak Ya?(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit