Jumat, 17 Nov 2017 19:38 WIB

Kelopak Mata Bengkak? Hati-Hati Blefaritis

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Kelopak mata yang terasa mengganjal bisa jadi gejala adanya blefaritis. (Foto: thinkstock) Kelopak mata yang terasa mengganjal bisa jadi gejala adanya blefaritis. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Ketika Anda merasakan ada yang mengganjal di kelopak mata, sebaiknya harus diatasi. Karena bisa jadi pertanda Anda terkena blefaritis.

Menurut Prof Dr Rita S Sitorus, SpM(K), Ph.D, pakar kesehatan mata dari RS Cipto Mangunkusumo, blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata. Kondisi ini biasanya terjadi karena ada bakteri di kulit yang menyerang kelenjar minyak kelopak mata, karena sumbatan pada saluran kelenjar minyak kelopak mata.

Baca juga: Penyebab Mata Merah yang Berpindah-pindah

Blefaritis dapat menyebabkan kelopak mata menjadi merah, dan bengkak serta muncul semacam kotoran-kotoran di pangkal bulu mata. Namun blefaritis dapat diatasi sesuai dengan tingkat keparahannya.

"Obat untuk mengatasi blefaritis itu banyak, salah satunya bisa pakai antibiotik kalo terdapat infeksi bakteri, kalo masih stadium awal atau belum parah bisa dikompres saja," ungkap dr Rita kepada detikHealth Jumat (17/11/2017).

Ada beberapa cara alami untuk mengobati blefaritis stadium awal. Dikutip dari WebMD, blefaritis dapat diatasi dengan merawat dan membersihkan kelopak mata seperti berikut ini:

1. Gunakan kain bersih dan air hangat

Gunakan kain bersih kemudian basahi dengan air hangat. Setelah itu diperas, lalu ditempelkan ke mata selama 5 menit. Jangan lupa pastikan mata dalam kondisi sedang tertutup saat dikompres. Basahi kembali kain sesuai kebutuhan. Cara ini dapat melunakkan krusta (kotoran mata yang mengering dan mengeras) serta membersihkan kotoran yang berminyak yang menempel di bulu mata.

2. Bersihkan kotoran yang menempel di pangkal bulu mata

Bersihkan kotoran yang menempel di pangkal bulu mata dengan kain bersih yang telah dibasahi dengan air hangat tersebut selama 30 detik di sela-sela pengompresan. Lakukan pemijatan pada pangkal bulu mata untuk mendorong kotoran yang menyumbat saluran minyak pada kelopak mata.

3. Hindari pemakaian make up di sekitar mata

Salah satu caranya dengan membersihkan make up yang dipakai di sekitar mata (misalnya eyeliner, eyeshadow, maskara, dan sebagainya) setiap sebelum tidur. Jika Anda sudah terkena blefaritis stadium awal, hindari memakai make up di sekitar mata untuk mencegah iritasi agar tidak semakin parah. Jika sudah sembuh dan ingin memakai make up di sekitar mata, sebaiknya menggunakan produk make up yang baru karena yang lama atau sudah pernah dipakai sebelumnya mungkin terkontaminasi.

Baca juga: Dari Segi Medis, Ini Lho Aneka Sebab Mata Sering Kedutan (up/up)
News Feed