Benjol Sebesar Bakpao, Normalnya Berapa Lama Bisa Hilang?

ADVERTISEMENT

Benjol Sebesar Bakpao, Normalnya Berapa Lama Bisa Hilang?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selasa, 21 Nov 2017 14:30 WIB
Waktu untuk pulih dari benjol karena trauma tergantung dari seberapa besar luas benjolan yang ada. Foto: Dok. detikcom
Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto diperiksa KPK hari ini. Yang menarik, ia berjalan sambil dituntun di depan Gedung Merah Putih, Kuningan Jaksel, dengan tampilan badan mulus tanpa luka. Bekas benjol di kepalanya pun sudah tidak nampak lagi padahal sebelumnya pengacara Setya Novanto Fredrich Yunadi menyebutkan kepala kliennya itu benjol sebesar bakpao.

Sebenarnya, butuh berapa lama untuk membuat benjolan mengecil? detikHealth menanyakan hal tersebut kepada dr Irma Ruslina Defi, SpKFR, PhD, Kepala Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran melalui saluran telepon, Selasa (21/11/2017), untuk memastikan hal tersebut.

Menurut dr Irma, sembuhnya benjol di kepala tergantung oleh penyebab benjolan itu muncul. Nah, benjolan itu bisa saja disebabkan dengan adanya trauma misalnya benturan atau pertumbuhan tidak normal seperti contoh tumor.

Baca juga: Diperiksa KPK, Tubuh Setya Novanto Mulus Lus Lus

Apabila benjolan timbul karena pertumbuhan tidak normal, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan pengangkatan. Sedangkan, jika benjolan tersebut terjadi karena trauma maka biasanya tidak perlu dilakukan tindakan selain RICE (Rest atau istirahat, ice atau es, compression atau kompresi, dan elevation atau elevasi).

Untuk proses penyembuhan benjol karena trauma ini tergantung seberapa besar atau luas daerah benjolan tersebut. Jika diameter benjol masih kecil atau berkisar 3 cm, tiga hari dengan kompres es biasanya benjol akan mengecil. Berbeda dengan benjol dengan diameter besar yang mencapai 10-20 cm, biasanya akan makan waktu lebih lama.

"Jika dia benjolan di dekat pembuluh biasanya isi darah atau cairan, kalau darah paling lama satu minggu dan mungkin saja masih ada bekas luka apalagi jika ia sudah kakek-kakek karena sensitivitas kulit berkurang. Kalau berkurang (sensitivitas kulit) jadi susah balik," pungkasnya.

Baca juga: Ragam Penyebab Kepala Benjol Seperti Bakpao

Selengkapnya bisa dengan menonton video di bawah ini:



(ask/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT