Jumat, 19 Jan 2018 13:04 WIB

Nenek yang Hits Banget, Jadi Vegan Jelang Ulang Tahun ke-96

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Anne terinspirasi oleh cucunya untuk menjadi seorang vegan. (Foto: Instagram/anneeversfraser) Anne terinspirasi oleh cucunya untuk menjadi seorang vegan. (Foto: Instagram/anneeversfraser)
Jakarta - Tak ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Ini pulalah yang coba dilakukan seorang nenek dari Ohio.

Sang nenek yang bernama Anne Fraser mengaku menjadi vegan hanya tiga minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-96, Agustus tahun lalu. Ia mengaku terinspirasi untuk menjadi vegan setelah melihat sang cucu yang sudah lebih dulu melakukannya.

"Lalu saya menonton tayangan dokumenter What The Health yang kemudian meyakinkan saya. Saya terinspirasi oleh orang-orang yang sakit lalu bisa lepas dari obat-obatan mereka setelah mengubah pola makannya," kisahnya seperti dilaporkan Metro.

Apalagi ternyata Anne juga seorang pasien penyakit jantung yang harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin. "Obat ini membuat saya selalu merasa lelah dan kaki saya kaku. Saya berharap bisa lepas dari ini dan diet itu memberi saya harapan," lanjutnya.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Diet Vegan Agar Nutrisinya Tetap Seimbang

Pada mulanya Anne tumbuh layaknya orang Amerika pada umumnya yang suka makan daging dan susu. Di tahun 2013 atau saat usianya 91 tahun, Anne sempat menjadi vegetarian, juga gara-gara cucunya yang pindah ke rumahnya saat sedang menjalani pemulihan pasca operasi panggul.
Nenek yang Hits Banget, Jadi Vegan Jelang Ulang Tahun ke-96Anne berhasil sembuh dari gangguan jantung yang dialaminya pasca menjalani diet vegan. (Foto: Instagram/anneeversfraser)

"Ia memperkenalkan berbagai masakan vegetarian yang lezat saat tinggal bersamaku selama sebulan dan ia memasak semuanya untukku," tutur Anne.

Perlahan-lahan, cucu Anne juga mempengaruhi anggota keluarga yang lain, seperti ibu dan bibinya. "Sahabatku Jules juga ikut menjadi vegan. Saya beruntung ada banyak yang mendukung saya, dan kami sangat senang ketika menemukan resep dan produk-produk baru," ungkapnya lagi.

Baca juga: Pilih Vegan atau Vegetarian?

Namun wanita kelahiran New York ini mengaku menemukan tantangan tersendiri saat berubah dari vegetarian menjadi vegan. Sebab ia tidak memiliki dapur sendiri dan makanannya disiapkan oleh orang lain.

"Tetapi saya berusaha untuk bisa. Saya mengumpulkan bahan-bahan yang mudah untuk membuat smoothies atau saus kacang favoritku. Lalu saya pakai saus kacang itu untuk dicampurkan dengan sayur-sayuran dan kentang panggang saya," ujarnya.

Baca juga: 5 Manfaat Diet Vegan: Bikin Langsing dan Pangkas Risiko Kanker

Ketika ditanya makanan apa yang disukainya, Anne menjawab selai almond, pisang dan sirup maple adalah salah satu di antaranya. "Untuk cemilan, saya suka makan kurma. Saya biasanya memakannya setelah makan malam karena saya suka yang manis-manis," tambahnya.

Selain menjadi vegan, Anne juga aktif melakukan sejumlah latihan fisik seperti yoga dan meditasi. Ia bahkan menjadi instruktur 'chair yoga' di lingkungannya setiap hari Senin.

(lll/fds)
News Feed