Selasa, 13 Feb 2018 13:10 WIB

4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat

Suherni Sulaeman - detikHealth
Cara cepat memulihkan flu dan pilek/Foto: Getty Images Cara cepat memulihkan flu dan pilek/Foto: Getty Images
Jakarta - Flu dan pilek merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh hampir setiap orang, terutama dalam kondisi cuaca yang sebentar-sebentar hujan, sebentar-sebentar reda seperti ini. Seseorang yang sakit pilek biasanya juga mengalami batuk, pernapasan tidak lancar, dan suara serak.

Walau serangan flu dan pilek bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4 hingga 7 hari, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejalanya dan membantu memulihkan diri lebih cepat seperti dikutip dari Shape, apa saja itu?

Baca juga: Musim Hujan dan Banjir, Cegah Flu dan Pilek dengan 4 Langkah Simpel Ini

1. Istirahat

Tubuh perlu istirahat agar sistem kekebalan tubuh makin kuat. Jadi mintalah waktu pada atasan, setidaknya satu hari untuk beristirahat. Memaksakan diri membuat daya tahan tubuh semakin lemah, sehingga membuat Anda lebih lama pulih dari flu dan pilek. Selain itu, supaya rekan kerja tak tertular juga.

4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan CepatSetidaknya satu hari beristiraha agar flu dan pilek lebih cepat pulih/Foto: ilustrasi/thinkstock


2. Konsumsi suplemen zinc

Sebuah studi tahun 1984 menemukan bahwa zinc dipercaya dapat menurunkan tingkat keparahan gejala dan mempercepat penyembuhan pilek apabila langsung dikonsumsi dalam waktu 24 jam ketika gejala pilek baru muncul. Namun, untuk memastikannya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

3. Mandi uap

Uap dapat melembapkan saluran di dalam hidung sehingga mengurangi iritasi. Selain itu, efek menenangkannya juga akan meredakan gejala flu. Karenanya, awali hari-hari selama Anda terserang flu dan pilek dengan mandi air panas.

4 Cara Sembuhkan Flu dan Pilek dengan CepatMandi uap dapat melembapkan saluran di dalam hidung/Foto: Thinkstock


4. Pijat wajah

Saat hidung tersumbat dan sakit kepala, cobalah pijat wajah akupresur beberapa menit untuk membantu membersihkan rongga hidung. Dengan menggunakan ujung jari, oleskan tekanan lembut ke sisi hidung, area antara hidung dan tulang pipi, dan juga dorong ke arah alis mata, di mana soket mata memenuhi tulang hidung Anda.

Baca juga: Musim Hujan dan Banjir, Cegah Flu dan Pilek dengan 4 Langkah Simpel Ini (2) (hrn/up)
News Feed