Selasa, 20 Feb 2018 16:00 WIB

Jari-jari Kamu Sering Sakit Saat Mengetik? Ini Cara Mengobatinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ternyata mengetik punya caranya sendiri agar tidak mengakibatkan repetitive strain injury (RSI). Bagaimana cara mengatasinya? Foto: Thinkstock Ternyata mengetik punya caranya sendiri agar tidak mengakibatkan repetitive strain injury (RSI). Bagaimana cara mengatasinya? Foto: Thinkstock
Jakarta - Sering kali kita berlama-lama dalam menggunakan komputer baik untuk bekerja, bermain game dan lain sebagainya yang tanpa kita sadari semua kegiatan tersebut akan mengakibatkan otot-otot dari sebagian tubuh kita menjadi tegang yang mengakibatkan rasa sakit.

Rasa sakit inilah yang disebut dengan repetitive strain injury atau RSI. RSI menyebabkan nyeri, lemas, kesemutan dan kaku pada otot, tendon, ligamen, saraf, dan banyak jaringan lunak serta otot di tungkai bagian atas dari leher ke jari.

RSI awalnya mulai secara bertahap namun bisa menjadi sangat serius. Tapi jangan khawatir! Dirangkum dari The Guardian, ada beberapa cara untuk mengobati RSI - dan juga mencegahnya.

1. Jangan diabaikan

RSI bisa secara bertahap muncul dan makin diperparah saat kamu bekerja, meskipun bisa ditahan tapi lama-lama bisa menjadi terus-terusan dan melemahkan jemari kita. Berhentilah sejenak, sesekali ambil istirahat yang pendek dari pekerjaan yang berulang-ulang seperti mengetik. Coba juga jadi ergonomis di tempat kerjamu dan cobalah untuk tidak tiduran di meja kerjamu.

Baca juga: Menulis Lebih Mengasah Otak Ketimbang Mengetik

2. Gunakan kedua tangan

Mengetik dengan benar adalah kunci untuk mencegah RSI. Jika kamu mengetik dengan menggunakan satu tangan saja, terlebih lagi jika kamu sambil memegang telepon dengan tangan satunya, dapat berisiko tinggi menegangkan otot jari. Keterampilan dasar mengetik jarang diajarkan saat sekolah; padahal itu penting banget, lho.

Baca juga: Cara Mengetik Bisa Dipakai Untuk Intip Emosi Anda Lho!

3. Yuk bangun

Coba bangkit dari meja kerja kamu setiap 30 menit sekali dan gerakkan leher serta bahu supaya melepas tegang. Istirahat sepuluh menit setiap jam (jalan-jalan ke toilet atau bikin minuman) sangat disarankan. Satu tips yang berguna: buat alarm 10 menit sebelum waktu yang kamu punya untuk mengetik sebelum gejalanya muncul (misal kesemutan atau nyeri) lalu gunakan untuk istirahat.

4. Coba "Prayer stretch"

Stretching bisa membantu untuk mencegah dan mengatur RSI. Gerakan prayer stretch melibatkan kedua telapak tangan ditempelkan bersama-sama, jemari menghadap ke atas; dorong ke satu sisi lalu yang lainnya selama 15-30 detik sekaligus. Jika melakukan ini membuat RSI semakin parah, kunjungi terapis fisik untuk saran ahli.

5. Gerakkan pergelangan tangan

Untuk mencegah RSI, tegakkan dan datarkan pergelangan tangan saat mengetik. Duduk dengan paha lurus, kaki rata di lantai (atau di pijakan kaki), duduk tegak, bahu rileks, lengan atas di samping, tidak terbentang, lengan bawah horizontal atau miring sedikit ke bawah, sehingga lutut dan siku berada pada sudut yang benar.

Atur layar komputer pada tingkat mata dan sesuaikan posisi keyboard agar mudah diraih tanpa meregangkan tangan atau membungkuk.

6. Nilai risikomu

Atasanmu seharusnya harus melakukan penilaian risiko saat kamu bergabung untuk memastikan area kerjamu sudah sesuai. Kamu juga dapat meminta penilaian kalau kamu belum punya atau sudah ada gejala-gejala RSI.

Baca juga: Studi: Parkinson Bisa Dikenali Dari Cara Mengetik di Keyboard Komputer

7. Manjakan dirimu

Tak ada yang lebih baik dari pencegahan. Tapi kalau kamu punya gejala-gejala RSI ringan, kamu bisa mencoba dosis singkat obat penghilang nyeri anti radang (gel atau tablet ibuprofen), kompres dingin dan panas, penyangga elastis dan splints (penyangga tulang).

Beberapa orang terbantu dengan yoga, pijat dan meditasi. Pendapat dari seorang ahli seperti dokter tulang, terapis fisik, dokter spesialis, atau perawat sangat penting jika gejala terus-menerus ada dan makin parah. Disarankan untuk ke spesialis otot (rheumatologis) atau klinik kesehatan jika semakin parah. (wdw/up)
News Feed