Kamis, 08 Mar 2018 12:37 WIB

Alasan Kekinian Orang Ingin Bedah Plastik: Hidung Besar Saat Selfie

Firdaus Anwar - detikHealth
Karena distorsi foto selfia dapat memperlihatkan hidung yang 30 persen lebih besar dari aslinya. (Foto: Getty Images/Don Arnold) Karena distorsi foto selfia dapat memperlihatkan hidung yang 30 persen lebih besar dari aslinya. (Foto: Getty Images/Don Arnold)
Jakarta - Hasil survei oleh American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgeons (AAFPRS) menunjukkan bahwa saat ini 42 persen dokter bedah pernah menemukan pasien yang melakukan bedah plastik karena ingin terlihat menarik saat swafoto.

Kebanyakan pasien menurut dr Boris Paskhover dari Rutgers New Jersey Medical School mengeluh karena hidungnya terlihat besar. Padahal hal tersebut bukan hal yang nyata karena seringnya hasil swafoto mengalami distorsi.


"Pasien di bahwa usia 40 tahun mengeluarkan ponsel mereka dan memberitahu saya kalau mereka tidak suka dengan penampilannya," kata dr Boris. "Mereka benar-benar menunjukkan saya hasil swafotonya dan mengeluh soal hidung."

Untuk menjelaskan fenomena ini dr Boris bersama rekan melakukan ekperimen untuk mengukur distorsi pada swafoto. Menggunakan beragam sudut dan jarak pengambilan gambar diketahui bahwa semakin dekat kamera dengan wajah maka hidung akan terlihat semakin besar.

Sebagai contoh pada jarak 30 sentimeter (cm) hasil swafoto dapat menunjukkan ukuran hidung yang 30 persen lebih besar dari aslinya. Namun pada jarak pengambilan foto sekitar 150 cm distorsi oleh lensa kamera ponsel hilang.

"Pada jarak standar 150 cm semuanya seimbang... Itu adalah jarak standar pengambilan potret yang menarik. Para fotografer sudah tahu hal ini selama dekade," kata dr Boris.

Nah jadi sudah tahu kan sekarang kenapa kalau foto swafoto hidung seringnya terlihat besar.

(fds/up)
News Feed