Selasa, 20 Mar 2018 10:37 WIB

Mulai Masalah Tiroid Hingga Diabetes, Alasan-alasan Kamu Selalu Lelah

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mudah lelah bisa disebabkan karena banyak hal. Foto: Thinkstock Mudah lelah bisa disebabkan karena banyak hal. Foto: Thinkstock
Jakarta - Lelah adalah hal yang sangat biasa kita rasakan, apalagi setelah melakukan berbagai aktivitas seharian penuh. Tapi pernahkah kamu merasa selalu lelah? Bahkan saat tidak melakukan aktivitas berat.

Kalau iya, tandanya kamu harus mulai khawatir. Mungkin saja itu karena adanya masalah kesehatan di tubuhmu, seperti masalah tiroid hingga adanya diabetes.

Dikutip dari Huffington Post, ini beberapa faktor yang menyebabkan tubuhmu selelu lelah.

1. Tidak cukup waktu tidur

Bukan hanya tentang kuantitas, namun juga bagaimana kualitas tidurmu merupakan penyebab munculnya selalu rasa lelah. Tujuh sampai sembilan jam tidur dalam semalam adalah syarat utama untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika kurang dari itu, maka akan memengaruhi daya tahan tubuh juga.


2. Sleep apnea

Orang yang sering merasa lelah juga bisa disebabkan oleh sleep apnea, yaitu satu gangguan tidur yang disebabkan oleh sumbatan jalan napas yang berakibat terhentinya napas dalam beberapa waktu, yang pada kondisi fatal berakibat kematian karena kekurangan oksigen. Biasanya ditandai dengan mendengkur saat tidur.

3. Kurang zat besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Pasien anemia pasti mudah merasa lelah, gejala lainnya yaitu kulit pucat, kulit kering, sakit kepala, sesak, dan peradangan.

"Kadar zat besi yang rendah memengaruhi seberapa banyak oksigen mencapai jaringan tubuh dan menghilangkan energi yang mereka butuhkan," kata dokter spesialis penyakit dalam, Dana Corriel.

4. Depresi

Mudah lelah pasti lama-kelamaan mengubah kebiasaan tidur, nah ini merupakan salah satu gejala utama adanya depresi. Tanda lain munculnya depresi adalah tidak adannya perasaan senang, merasa gelisah, dan lemah.

5. Masalah tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar terbesar di tubuh manusia yang menghasilkan hormon tiroid, gunanya untuk mengatur fungsi-fungsi tubuh. Jika terdapat masalah padanya, pasti akan muncul gangguan metabolisme, yang salah satunya ditandai dengan kelelahan.

6. Diabetes

Salah satu gejala diabetes yang kerap diabaikan yaitu mudah sekali merasa lelah disertai dengan peningkatan buang air kecil dan rasa haus.

(wdw/up)
News Feed